Siapkan Jaringan Hadapi Lonjakan Trafik

333

Jelang Puasa dan Lebaran

SEMARANG – Menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini PT XL Axiata Tbk (XL), perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, berupaya keras menyiapkan jaringan dan layanan untuk kenyamanan pelanggan. Ini penting mengingat diperkirakan aka nada lonjakan trafik aktivitas penggunaan ponsel di saat lebaran dan puasa .
Pekan lalu, XL mengecek kesiapan jaringan dari Jakarta menuju salah satu tujuan utama pemudik Yogyakarta. Pengujian menggunakan moda transportasi kereta, melalui dua jalur, yaitu Jakarta – Cirebon – Purwokerto – Yogyakarta dan jalur Surabaya – Madiun – Yogyakarta.
“Ramadan dan Lebaran selalu menjadi momentum bagi XL untuk menunjukkan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga jaringan. Kami ingin pelanggan atau masyarakat lancar bersilaturahmi dan beribadah. Kami pastikan semua sumberdaya terkait jaringan, baik para teknisi juga perangkat, akan siaga 24 jam sehari selama bulan suci dan libur Lebaran.” tutur Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi.
Hasnul menambahkan, uji kesiapan jaringan dan layanan dilakukan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan dan mengantisipasi potensi lonjakan trafik pelanggan dalam menggunakan layanan seluler baik Percakapan, SMS atau data/internet. Rute yang ditempuh melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga menjadi pusat distribusi dan tujuan arus mudik selama bulan Ramadhan dan Lebaran.
Dijelaskan saat ini layanan trafik percakapan rata-rata perhari mencapai 510 juta menit per hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 700 juta SMS per hari, dan trafik datar 325 Terabytes per hari. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5 persen hingga 30 persen dari trafik normal sehari-hari. (*/tya/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.