Curi Akseori Sepeda, Babak Belur

287

BARUSARI – Nasib apes dialami Hermawan Saputra, 26, warga Jalan Parang Sarpo IX, Telogosari, Pedurungan. Pemuda lajang ini babak belur diamuk massa lantaran tertangkap tangan mencuri aksesori sepeda di toko sepeda Jalan Sutomo No 17 Semarang, Jumat (20/6) sekitar pukul 11.45.
Muka Saputra babak belur dan mengalami luka robek akibat dikeroyok massa. Beruntung, nyawanya masih bisa selamat karena petugas Polrestabes Semarang segera datang ke lokasi. Saputra masih menjalani pemeriksaan dan langsung ditahan di Polrestabes Semarang.
Saputra mengaku sudah dua kali mencuri di toko tersebut. Pelaku diketahui merupakan rekan pemilik toko, Andi Nugroho, 37, warga asal Gemah, Pedurungan. Dengan mudah pelaku masuk ke dalam toko dengan dalih akan melihat-lihat aksesori. ”Pura-pura lihat aksesori saja. Sudah kenal jadi sering ke sana,” aku Saputra.
Ketika kondisi sepi, dengan cekatan pelaku mengambil berbagai aksesori dan memasukkan ke dalam tas. Usai mendapatkan barang, pelaku berencana hendak kabur dengan sepeda motor Honda Supra nomor polisi H 2985 LH. Sekitar 20 meter dari toko, pemilik mencegat dan menggeledah tas pelaku. Mengetahui ada barang di dalam tas, langsung pelaku diteriaki maling. ”Saya dimassa di pinggir jalan. Baru dua kali mencuri, yang pertama dijual Rp 900 ribu,” imbuhnya.
Saputra berdalih nekat mencuri karena terdesak kebutuhan ekonomi. Ia mengaku tidak memiliki pekerjaan sehingga akhirnya memilih mencuri. ”Saya terpaksa, tidak punya pekerjaan,” tambahnya.
Pemilik toko, Andi Nugroho mengaku sudah mengamati gerak-gerik pelaku. Ia curiga karena barang di toko sering menghilang ketika pelaku datang. Hingga akhirnya, ia merencanakan aksi untuk menjebak pelaku. ”Barang sudah saya beri tanda, karena banyak yang hilang. Saat saya cek, ada di toko-toko loakan (Jalan) Kokrosono dan Hasanudin,” akunya.
Andi lantas berangkat menunaikan salat Jumat dan memberikan pesan kepada sang karyawan. Benar saja, pelaku datang dan mengambil barang. Ia lantas menangkap ketika 20 meter dari lokasi saat hendak kabur. ”Saat saya cek barang-barang ada di tas pelaku. Jadi langsung yakin Saputra pelakunya,” tambahnya.
Dari dalam tas ditemukan sejumlah barang curian. Yakni 1 sifter diore speed, 2 set rem tekro novela, 1 set indor RT 55 Shimano, 1 ST Pro taouring serta 1 set New Carpelpro. ”Pelaku babak belur karena dimassa. Sekarang sudah diperiksa,” kata petugas Polrestabes Semarang. (fth/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.