Jembatan Ngentak Ambrol

253

SALATIGA – Jembatan Ngentak yang berada di Cabean RT 004 RW 001, Sidomukti ambrol setelah diterjang hujan deras yang mengguyur Kota Salatiga Rabu (18/6) malam.
Jembatan Ngentak yang ambrol itu menghubungkan antara warga Dukuh Cabean dengan Dukuh.
Berdasarkan keterangan yang dihimpun di lokasi, kejadian tersebut berawal saat hujan deras pada pukul 21.00 membuat air menggenangi jembatan yang sudah berusia puluhan tahun tersebut.
Salah seorang warga, Lisin, 36, menuturkan, sejumlah warga sempat mendengarkan bunyi gemuruh sangat keras saat hujan deras. Ketika diperiksa, ternyata jembatan Ngentak sudah ambrol.
“Pada saat hujan deras tadi malam (kemarin), warga mendengar suara gemuruh yang cukup mengagetkan warga hingga akhirnya beberapa warga berdatangan mengecek lokasi,” terang Lisin kepada wartawan.
Setelah dicek di sumber suara, ternyata jembatan Ngentak sudah dalam kondisi runtuh dan memakan separo badan jalan.
Dinas Bina Marga dan PSDA melalui Kabag Humas Pemkot Salatiga, Adi Setiarso mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan ambrolnya jembatan tersebut dan sudah meninjau lokasi.
Adi menambahkan, pemkot sebenarnya telah menganggarkan dana renovasi jembatan tersebut sebesar Rp 1,1 miliar pada tahun anggaran 2015 mendatang. Tim dari Bina Marga sudah turun ke lokasi.
“Sebenarnya, jembatan tersebut sudah direncanakan untuk direnovasi. Namun ternyata sudah ambrol karena hujan deras pada Rabu malam. Untuk renovasi, jembatan tersebut akan ditinggikan sehingga rata dengan jalan sekitar empat meter,” papar Adi.
Sementara untuk bentangannya dari empat meter ditambah menjadi enam meter, sementara lebar jembatan, dari empat meter menjadi tujuh meter.(sas/aro)