Karnaval Dugderan Tarik Wisatawan

352

BALAI KOTA – Momen dugderan tahun ini akan dimanfaatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang untuk menggaet wisatawan. Salah satunya melalui agenda karnaval dugderan, yang akan dikemas semenarik dan sekreatif mungkin. Bahkan dinas yang dikepalai Masdiana Safitri itu mengklaim karnaval dugderan tahun ini bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Karnaval dugderan yang akan dilaksanakan pada Jumat (27/6) di kawasan Simpang Lima ini akan terdiri atas karnaval budaya anak-anak dan karnaval mobil hias warak. ”Karnaval dugderan tahun ini akan dilaksanakan pada Jumat (27/6) mulai pukul 06.00 sampai 11.00 di kawasan Simpang Lima,” ujar Masdiana Safitri, kemarin (19/6). ”Karnaval budaya anak akan dimulai dari Lapangan Simpang Lima, memutar menuju Jalan Pahlawan dan akan berakhir di Taman KB,” terangnya.
Selain karnaval anak-anak, Masdiana mengatakan di Simpang Lima juga akan dimeriahkan karnaval mobil hias warak yang diikuti oleh sebanyak 50 mobil peserta. Karnaval mobil hias warak dimulai dari Lapangan Simpang Lima menuju Jalan A Yani, MT Haryono, Bubakan, Citarum, dan berakhir sekitar SPBU Soekarno Hatta.
Sedangkan karnaval puncak prosesi dugderan di Balai Kota Semarang menuju Masjid Agung Kauman Semarang dan Masjid Agung Jawa Tengah akan dilaksanakan sore sampai malam hari. Ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena biasanya kegiatan ini sudah selesai pada siang hari. ”Karena kebetulan acara ini bertepatan hari Jumat (27/6) sehingga waktunya pendek,” jelas Masdiana.
Masdiana menambahkan, sebelum digelar karnaval dugderan yang mengambil tema ’Keberagaman Memperkokoh Persaudaraan’ akan diselenggarakan sejumlah perlombaan. Di antaranya, lomba rebana/jipin di Masjid Agung Kauman pada 22-26 Juni, tari warak dugder pada 24 Juni, dan lomba tek-tek pada 25 Juni di Balai Kota Semarang. (zal/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.