Moussa dan Ilboudo Kembali

345

TEMANGGUNG–Setelah menyelesaikan persoalan administrasi kependudukan, Moussa Sidibe dan Ilboudo Mahammadi kembali bergabung dengan Persitema Temanggung. Kedua pemain asal Benua Merah ini dipastikan akan memperkuat Persitema pada empat laga terakhir di musim kompetisi Divisi Utama PT Liga Indonesia 2014. Keduanya juga telah mengikuti sesi latihan yang digelar coach Yopi Riwoe.
Ilbodou Mahammadi merupakan pemain asal Burkina Fasi yang telah memperpanjang visa tinggalnya di Thailand. Difasilitasi agennya, Ilbodou telah memperbaharui dokumen kependudukan dan syarat lainnya. Sementara gelandang asal Mali, Moussa Sidibe telah pulang dari Singapura untuk kepentingan serupa. “Sudah kembali, kita sudah mulai briefing untuk latihan-latihan nonfisik,” kata Yopi.
Selain pelatihan fisik yang dilaksanakan di Stadion Bhumi Phala, arsitek Persitema, Yopi Riwoe juga menggelar pelatihan nonfisik yang lebih pada strategi pertandingan dan penguatan mental. Menurutnya, penguatan mental sangat penting untuk mempertajam permainan Laskar Bambu Runcing. “Kita harus lihat bahwa mereka juga butuh penguatan mental,” paparnya.
Dikatakan, penguatan mental diterapkan oleh Yopi dengan pertimbangan empat laga terakhir yang akan diikuti Ayam Kedu, ketiganya merupakan laga tandang. Laga tandang harus lebih mempertebal mental karena akan lebih banyak pertarungan mental disamping teknik dan fisik. “Kalau kita sudah kalah mental dulu, tentu kita akan menurun permainannya,” terangnya.
Yopi menjelaskan, dalam sesi pelatihan nonfisik ini, selain mental juga digembleng model strategi pertandingan. Salah satu langkah yang digunakan adalah memantau pertandingan Piala Dunia 2014 yang memberikan inspirasi permainan bagi anak-anak asuhnya. “Kita melihat dan memantau permainan dalam Piala Dunia, itu memberi inspirasi dan teknik permainan baru,” katanya.
Ia menjelaskan, melalui pengetahuan tersebut, pelatihan fisik juga digelar secara kontinyu untuk penerapan pelatihan nonfisik. Latihan fisik tersebut dimaksudkan untuk mempertajam teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya. “Termasuk yang dilihat pada pertandingan piala dunia itu,” tandasnya. (zah/lis)