Sekolah Harus Perhatikan Jajanan

314

WONOSOBO –  Upaya menekan bahaya makanan yang mengandung zat kimia, terus dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wonosobo. Salah satu langkahnya dengan mengajak kepala sekolah melakukan pengawasan langsung, terhadap berbagai jajanan yang beredar di seputar sekolah.
“Kami secara rutin melakukan sosialisasi dan menjalin kerja sama dengan tiap kepala sekolah di tiap kecamatan agar mengawasi peredaran jajanan di seputar sekolah,”kata Oman Yanto Kepala Seksi Distribusi Pasar dan Perlindungan Konsumen Disperindag Wonosobo, kemarin (19/6).
Oman mengatakan, belum lama ini kepala sekolah dikumpulkan di Kecamatan Kalikajar. Forum itu bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Inti dari pertemuan itu, kepala sekolah di tiap tingkatan sekolah mempunyai peran penting dalam melakukan perlindungan terhadap siswanya terhadap makanan yang dikonsumsi di seputar sekolah.
“Kepala sekolah harus terlibat, memperhatikan tingkat keamanan makanan yang disajikan di kantin-kantin sekolah maupun para pedagang keliling di sekitar sekolah,”katanya.
Oman mengatakan, selain dari Dikpora, dalam berbagai forum tersebut juga menggandeng dokter puskesmas. Langkah ini, agar tiap kepala sekolah dan guru memahami tentang jenis makanan yang sehat dikonsumsi anak-anak dan yang tidak sehat.(ali/lis)