SMPN 3 Kepil Berpeluang Juara

749

WONOSOBO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kepil, memang terletak jauh dari pusat Kota Wonosobo. Jaraknya hampir 25 kilometer dari jantung kota. Namun, sekolah tersebut mencatat prestasi membanggakan. Tercatat sebagai sekolah terbersih di Jawa Tengah dan menjadi kandidat juara nasional.
Lokasi SMP 3 Kepil, berada di Desa Kaliwuluh dinominasikan sebagai sekolah terbersih dan tersehat se-Indonesia. Kemarin (18/6) tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional mengunjungi langsung sekolah itu.
Menurut ketua tim LSS tingkat nasional, Kader Revolusi, bahwa SMP 3 Kepil mempunyai peluang menjadi menjadi juara nasional sebagai sekolah bersih. Meski berada di pelosok, kondisi sekolahnya nyaman dan sehat untuk belajar. Selain dikepung sawah hijau, pola pengaturan sampah di sekolah itu bagus.
“Sekolah berupaya mengajarkan kepada anak tentang perilaku hidup sehat, dan sekolah ini bersih dengan sistem sanitasi yang bagus juga,”katanya.
Kepala SMPN 3 Kepil Ngatiman menjelaskan,   sekolahnya memiliki beragam fasilitas penunjang, seperti laboratorium, lapangan, masjid, dan ruang perpustakaan yang memadai, budaya menjaga kebersihan dan kesehatan di kalangan siswa dan guru pun telah terbentuk.
“Siswa kami ajarkan untuk menaruh sampah di tempat sampah yang disediakan, dan mulai berpikir untuk menerapkan 3 R (reduce, reuse dan recycle) terhadap sampah yang dihasilkan sekolah,” ujarnya.
Tak hanya itu, Ngatimin menguraikan, sekolah dengan 298 siswa tersebut, juga memiliki kebiasaan mulia, yaitu salat duha bersama setiap jam istirahat pertama, dan salah duhur berjamaah pada saat istirahat kedua.
Ngatimin menambahkan, berkat sejumlah program yang diterapkan tersebut sekolahnya masuk menjadi sekolah terbersih di Jawa Tengah. Kemudian tahun ini ditargetkan akan mampu memenangkan juara nasional. Selain sekolah bersih, pihaknya juga menerapkan sekolah bebas rokok.
“Tradisi salat jamaah dan kebersihan harus menyatu. Hal ini yang mendorong kami terus berupaya menciptakan sekolah sehat dan bersih lahir batin,” tandasnya. (ali/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.