Waspadai Penipuan lewat Telepon

291

BARUSARI – Masyarakat Kota Semarang diimbau agar lebih berhati-hati dan waspada. Terutama maraknya aksi penipuan dengan modus mengatakan jika salah satu anggota keluarga mengalami kecelakaan atau ditangkap polisi. Sang penelepon lantas bisa membantu asalkan diberikan sejumlah uang. Bisa dipastikan, telepon gelap seperti itu merupakan modus penipuan.
Kepala Polrestabes Semarang, Kombespol Djihartono mengakui memang cukup marak aksi penipuan dengan menelepon mengabarkan anggota keluarga kecelakaan. Entah karena panik atau kaget, akhirnya korban pun langsung terperangkap dan mengikuti semua kemauan sang penelepon. ”Sebenarnya modus seperti ini merupakan modus lama. Sudah banyak yang jadi korban,” katanya.
Djihartono mengaku cukup sulit untuk mengungkap kasus penipuan modus tersebut. Selain minim bukti, antara pelaku dan korban tidak pernah bertatap muka. Meski begitu, pihaknya berusaha akan mengungkap kasus penipuan sampai selesai. ”Ada yang sudah laporan, dan terus didalami,” imbuhnya.
Terakhir, kasus penipuan dilaporkan oleh Sri Suryanti, 63, warga Jalan Singosari, Wonodri, Semarang. Ia mengaku tertipu sebesar Rp 33 juta oleh seorang lelaki. Modusnya dengan mengabarkan jika anaknya menabrak orang sampai tewas. Agar kasus tidak berlanjut, sang penelepon meminta uang damai sebesar Rp 33 juta. ”Saya lemas, makanya menuruti semua permintaan pelaku. Soalnya dia mengancam akan membawa kasus ke polisi,” aku  Sri Suryanti.
Ia menuruti instruksi sang penelepon, termasuk saat diminta bertemu di belakang Bank Mayapada, Jalan Gayam, Semarang. Ketika bertemu ia dikasih nomor rekening dan diminta untuk mentransfer. Dengan cekatan ia mentransfer selama dua kali dengan total semua Rp 33 juta pada Rabu (18/6) lalu. ”Saat sudah transfer baru menelepon anak saya, ternyata tidak ada apa-apa. Saya baru sadar jika menjadi korban penipuan,” tambahnya. (fth/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.