Ziarah, Dul Tewas

676

MUNGKID– Seorang peziarah ditemukan tewas di dekat Makam Kyai Raden Sholeh di puncak Gunung Sikapat, wilayah Dusun/Desa Wadas, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, kemarin. Diduga korban kecapean lantaran lokasi makam jauh di atas gunung.       
Pria yang kemudian diketahui bernama Dul Basar itu ditemukan tergeletak sendirian di jalan setapak yang terjal. Warga cukup kesulitan untuk menurunkan jenazah asal Tempuran Kabupaten Magelang itu.
Korban akhirnya dimasukkan ke kain sarung. Selanjutnya kain sarung dipikul menggunakan bambu.  Kades Wadas, Taufik Kurniawan, kemarin menuturkan, orang yang ditemukan tak bernyawa itu setiap malam Jumat Kliwon rutin berziarah ke Makam Kyai Raden Sholeh di puncak Gunung Sikapat. Biasanya orang itu menginap di altar makam. Kamis pagi kemarin diketahui korban berjalan kaki menuju makam sekitar pukul 09.00.       
Menurut kades, pagi itu ada warga yang melihat perjalanan Dul Basar agak sempoyongan. Bahkan nyaris terjatuh akibat terpeleset. ”Ketika itu ada warga yang mengingatkan agar jalannya berhati-hati karena jalannya licin,” kata kades. (vie/lis)