Pentas Ramayana Hibur Pengunjung Maerokoco

329

TAMBAKHARJO — Sorot mata Murniawati, 35, tak bisa lepas dari panggung yang berdiri di pelataran objek wisata Puri Maerokoco, Minggu (22/6). Sosok kera putih Hanoman yang sedang bertarung melawan prajurit Alengka dan Rahwana begitu menarik perhatiannya. Sesekali ia berdecak tanda kagum ketika Hanoman berjumpalitan di panggung menghindari serangan lawannya.
Pertarungan Hanoman tersebut salah satu adegan dalam pentas wayang orang dengan lakon Ramayana di Puri Maerokoco. Pentas yang dimainkan oleh kelompok seniman Ngesti Pandawa ini merupakan program pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Kreatif yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jateng.
”Selama ini pementasan wayang orang di tempat rekreasi ini cukup langka. Sehingga bagi kami, ini merupakan sebuah wawasan tentang wayang orang,” kata Murniawati yang duduk lesehan sambil menikmati sajian ringan kacang, ketela dan pisang rebus.
Ia berharap kegiatan ini tak hanya berhenti sampai di situ. Pentas wayang orang perlu dikenalkan pada genereasi muda yang semakin melupakan seni tradisi bangsa. ”Selama ini penampilan wayang orang itu dilakukan pada malam hari, sementara siang hari jarang dilakukan,” katanya.
Pementasan wayang orang ini memang bertujuan untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara agar berkunjung di Taman Mini Jateng ini. ”Selain penampilan wayang orang juga terdapat mobil pintar sehingga masyarakat bisa membaca atau melihat pentas seni itu,” ungkap Kepala Balitbang Provinsi Jateng Agus Wariyanto.
Agus menambahkan, selama ini untuk RTH memang sudah banyak, tapi kurang dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan kreatif. Untuk itu, Balitbang berusaha membangkitkan kreativitas di arena terbuka. ”Memang kami sengaja memilih di Maerokoco karena melihat ada peluang, yakni di tempat tersebut banyak anjungan-anjungan yang merupakan bagian dari budaya yang berada di Ruang Terbuka Hijau,” katanya.
Direktur Utama PT Pusat Rekreasi dan Pameran Pembangunan (PRPP) Titah Sulistyorini mengatakan sejumlah kegiatan berkonsep pementasan seni budaya akan digelar di Puri Maerokoco. Termasuk pentas seni yang dibawakan siswa SD Gisikdrono. (hid/ton/ce1)