Penyempitan Jalur Secang Dilebarkan

284

MUNGKID– Jalur antara Secang-Soropadan yang menjadi bagian jalan Magelang – Semarang mulai dilebarkan. Sebelumnya jalur itu menyempit dan mengakibatkan kemacetan.       
Pantauan koran ini, jalan sepanjang 1,5 km dari kompleks Soropadan Agro Ekspo sampai tanjakan Gimblah, Krincing, itu dilebarkan dari tujuh menjadi 11 meter. Memaksimalkan bahu kiri-kanan masing-masing dua meter.     
Demi mengejar deadline H-30 Lebaran, pengerjaan pelebaran jalan Soropadan-Secang dikebut. Belasan pekerja dibantu sejumlah alat berat dikerahkan untuk mempercepat proses pengerjaan.     
Dua alat berat, dioperasikan guna memadatkan material urugan sirtu (pasir dan batu) yang belum terselesaikan sejauh puluhan meter pada badan jalan baru sisi barat dan timur.     
Menurut Sunaryo, petugas lapangan pelaksana proyek dari PT Armada Hada Graha (AHG), pemadatan dan pengaspalan lapis dasar setebal 8 cm pada jalan baru ditargetkan rampung Sabtu (28/6). Pekerjaan akan dilanjutkan sampai selesai, selepas musim Lebaran.      
“Sesuai intruksi dari Kementerian PU, pekerjaan proyek dihentikan sebelum memasuki awal Ramadan, tetapi jalan yang baru sudah dapat digunakan untuk menampung dan memperlancar arus mudik maupun arus balik selama Lebaran nanti,” katanya, kemarin.     
Di utara pertigaan Krincing, sejumlah pekerja tampak tengah bekerja keras membersihkan sisa-sisa akar ratusan pohon pengayom yang telah ditebang. Keberadaan tonggak-tonggak itu menghambat proses pemadatan badan jalan baru yang digali sedalam 75 cm.     
Sunaryo mengemukakan beberapa jenis pekerjaan yang akan digarap usai Lebaran nanti. Antara lain, pembuatan talut di selatan pertigaan Krincing, dua kali pelapisan aspal hotmix seluruh permukaan badan jalan dan pemasangan pagar pengaman di sejumlah titik yang dipandang rawan.     
Proyek pelebaran jalan negara itu dibiayai dana APBN 2014 senilai Rp 9,5 miliar. Sesuai kontrak kerja, pekerjaan dimulai 3 April lalu dan dijadwalkan rampung selama tempo 210 hari. Proyek ini merupakan bagian dari proyek peningkatan struktur jalan Bawen-Secang.   Di jam-jam sibuk proyek itu menganggu pengguna jalan. Kerap terjadi kemacetan di lokasi itu. (vie/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.