Permadani Lestarikan Budaya Jawa

645

WONOSOBO –  Persaudaraan Masyarakat Budaya Indonesia (Permadani) Wonosobo kembali meluluskan siswanya. Dalam acara wisuda purnawiyata bregada X (angkatan ke-10), yang digelar di pendopo kabupaten, sedikitnya 47 siswa dinyatakan lulus dari pendidikan pranatacara dan pamedhar sabda, setelah menjalani masa belajar selama 6 bulan.
Ketua Organisasi Dewan Pengurus Permadani Jawa Tengah Sunartijono, yang mewisuda bregada X, berharap para lulusan dari Permadani Wonosobo akan mampu mengemban amanah untuk menjaga dan melestarikan budaya dan bahasa Jawa secara baik dan benar.
“Salah satu tanggung jawab lulusan Permadani harus melestarikan budaya jawa,”katanya,
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sigit Sukarsana  mengimbau, agar semua siswa permadani yang telah dinyatakan lulus, untuk senantiasa mengingat semua pelajaran yang diberikan oleh para guru, selama 6 bulan berada dalam masa pendidikan.
“Di pundak para lulusan, yang rata-rata telah bekerja di berbagai bidang tersebut, keluhuran nilai budaya dan bahasa Jawa disematkan,” imbaunya.
Dikatakan, dengan ilmu yang diperoleh selama pendidikan di Permadani, para wisudawan/wisudawati dari bregada X tersebut juga diharapkan mampu meluruskan berbagai pandangan masyarakat yang masih belum memahami seutuhnya budaya dan bahasa Jawa.
“Khusus bagi para siswa yang berasal dari kalangan pendidik, saya  berharap mampu mentransfer ilmu dan pengetahuan kepada para siswa, sehingga budaya dan bahasa Jawa dapat dipahami sejak dini,” harapnya.
Suyadi guru SMA 2 Wonosobo salah satu yang diwisuda mengatakan, pilihan untuk masuk ke Permadani memiliki tujuan utama nguri-uri dan menjaga kebudayaan Jawa yang begitu luhur agar tidak lekang oleh zaman.
“Oleh karena itu, saya akan mentranfer keilmuan yang saya dapat kepada siswa didik saya,” janjinya.
Meski diakui bukan hal mudah mempelajarinya, Suyadi mengaku sangat bersyukur, selama pendidikan yang dilangsungkan di lantai dua gedung perpustakaan daerah, para guru sangat telaten dan sabar dalam memberikan pelajaran dan bimbingan. (ali/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.