PNS Di-Warning Tetap Netral

341

GUBERNURAN – PNS di jajaran pemprov Jateng terus diwanti-wanti untuk bersikap netral dalam Pilpres 2014. Pemprov siap memberikan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku bila ada abdi negara yang terjun ke dalam politik praktis.
Plt Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan imbauan agar para PNS tetap netral dalam pilpres sudah berkali-kali disampaikan. ”PNS harus tetap netral, profesional, dan tidak berpihak. Ini sudah terus diwanti-wanti baik melalui surat edaran dan disampaikan di beberapa event,” ujarnya.
PNS lanjutnya jangan sampai terlibat dalam politik praktis. Sebab sesuai aturan, meski memiliki hak pilih, para abdi negara tidak boleh ikut politik praktis maupun aktif di parpol. Sri Puryono menyatakan siap memberikan sanksi bila ada PNS ada yang melanggar asas netralitas tersebut. ”Kalau melanggar ya dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku dan kesalahannya,” paparnya.
Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng memelototi kemungkinan dilakukannya politisasi birokrasi yang dilakukan kepala daerah untuk memenangkan capres-cawapres tertentu pada Pilpres 9 Juli mendatang. Pengawasan tersebut diketatkan karena sejumlah kepala daerah di Jateng saat ini juga merangkap kader partai. (ric/ce1)