TKI asal Jateng Dukung Jokowi–JK

249

PEDURUNGAN-Dukungan terhadap pasangan capres – cawapres, Jokowi – JK terus berdatangan. Dukungan datang tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dari luar negeri, yaitu dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.
Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Pemenangan Jokowi- JK Jateng Heru Sudjatmoko di sela-sela deklarasi dukungan dari relawan Pahlawan Devisa Jateng  Pro Jokowi-JK dan Youth For Jokowi di Panti Marhaen, DPD PDI Perjuangan Jateng  Sabtu (21/6). “Dukungan dari WNI yang berada di luar negeri juga terus bertambah. Dengan deklarasi ini, maka akan terus bertambah,” kata Heru.
Relawan Pahlawan Devisa Jateng  Pro Jokowi – JK yang kemarin melakukan deklarasi adalah para calon atau mantan TKI/TKW asal Jateng. Jumlahnya yang datang lebih dari 1.500 orang. Sedangkan  Youth For Jokowi adalah belasan Pemuda dari Papua yang tinggal di Semarang. Deklarasi juga dihadiri oleh Ketua Relawan Jokowi-JK  Jateng Ganjar Pranowo.
Heru Sudjatmoko mengatakan, adanya dukungan dari Relawan Pahlawan Devisa Jateng ini tentu akan meningkatkan dukungan Jokowi – JK, baik  yang berada di dalam negeri namun juga di luar negeri. Untuk dalam negeri, keluarganya, orang tuanya, dan tetanga-tetangga mereka akan diajak memilih Jokowi.  Lebih dari itu, mereka juga akan mengajak teman-temannya yang masih berada di luar negeri untuk memilih Jokowi. “Dukungan dari para TKI/TKW ini  tentu menjadi amunisi baru pemenangan Jokowi – JK. Saya yakin, keikhlasan dukungan itu akan menjadi modal untuk kemenangan nanti,” katanya.
Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja (Apjati) Jateng, Endro Dwi Cahyono mengatakan, dukungan TKI di Jateng terhadap Jokowi – Kalla karena alasan keduanya mempunyai paradigma kepemimpinan yang dianggap pro rakyat. “Untuk  pemenangan Jokowi-JK di Jateng, kami sudah mewadahi sebanyak 500 PJTKI yang berada di cabang daerah. Mereka juga punya karyawan resmi di Dinas Tenaga kerja masing-masing.  Setiap PJTKI, menurunkan 100 orang  untuk terjun ke masyarakat kampanye Jokowi – JK,” katanya.
Sementara, Ketua Tim Relawan Jokowi – JK Jateng, Ganjar Pranowo menambahkan, antusiasme para relawan, khususnya TKI  adalah dukungan keikhlasan. Ia menganggap hal itu akan menjadi  gerakan rakyat untuk mengentaskan reformasi dan membentuk jati diri Indonesia yang mentalnya lebih baik. “Kita berikan doa kepada Jokowi yang kebetulan hari ini  ulang tahun. Agar diberi yang terbaik dan memimpin bangsa Indonesia, ” kata Ganjar yang langsung disambut pekikan Jokowi Presiden. (ric/ida)