Karyawan Swasta Daftar Sekda

318

Lelang Jabatan Sekda Jateng

GUBERNURAN – Sejumlah pendaftar lelang terbuka jabatan sekretaris daerah (sekda) Jateng diketahui tidak memenuhi syarat. Mereka di antaranya adalah sarjana fresh graduate dan pegawai swasta yang ikut mendaftar satu-satunya jabatan eselon I di lingkungan pemprov tersebut.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyayangkan banyaknya pendaftar yang tidak memenuhi syarat tersebut. Syarat calon sekda definitif misalnya, PNS usia maksimal 58 tahun, pendidikan minimal S1, serta pernah menduduki sekurangnya dua jabatan eselon II yang berbeda. ”Masak fresh graduate kok tidak tahu (syarat) jabatan sekda. Ini menyedihkan tapi juga sekaligus lucu,” katanya, kemarin (23/6).
Ganjar mengatakan, secara keseluruhan dia belum mendapat laporan lengkap soal peserta yang mendaftar seleksi terbuka tersebut. ”Beberapa orang sudah mendaftar, kami baru mendapatkan laporan secara parsial saja, jumlahnya berapa saya belum tahu,” katanya.
Menurut Ganjar, ada dua hal yang bisa disampaikan selama proses pendaftaran seleksi terbuka sekda Jateng ini. ”Seleksi ini sengaja kami umumkan ke publik agar transparan, sehingga publik bisa mendaftar, ternyata banyak yang tidak tahu jabatan sekda,” kata Ganjar.
Meski panitia seleksi (pansel) belum memberikan laporan lengkap, peserta yang lolos seleksi administratif, baru akan dikemukakan dalam rapat pansel sore ini. ”Sekarang secara umum mulai banyak yang daftar. Besok (hari ini, Red) akan dilaporkan kemungkinan berapa saja yang lolos administratif,” tandasnya.
Gubernur dengan ciri khas rambut putih itu memperkirakan, di hari-hari terakhir akan banyak yang mendaftar. ”Biasanya paling banyak mendaftar di detik-detik terakhir,” kata dia.
Sementara itu, anggota pansel promosi terbuka jabatan Sekda Jateng, Prof Budi Widianarko saat dikonfirmasi mengatakan, jumlah pendaftar yang diketahui hingga kemarin baru 17 orang seperti beberapa hari lalu. ”Semoga saja bertambah,” kata dia.
Rektor Unika Soegijapranata Semarang ini mengatakan, para anggota tim seleksi akan melakukan rapat nanti sore. Rapat tersebut mengagendakan penentuan siapa peserta yang lolos administrasi dan yang tidak. Dari 17 pendaftar yang masuk, belum satu pun yang berasal dari internal pemprov Jateng. (ric/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.