Kelola Sampah Jadi Berguna

321

TEMANGGUNG- Program studi Manajemen Bisnis Internasional Politeknik Negeri Semarang (Polines) bekerjasama dengan KKelompok Peduli Lingkungan SMAN 2 Temanggung menanam 250 bibit pohon. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga diisi pelatihan membuat pupuk bagi warga setempat.
Acara dengan tema “Green World for Better A Life” yang mendapat dukungan penuh dari PT Telekomunikasi Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dan masyarakat sekitar terhadap lingkungan. “Terutama masalah sampah yang sering kali membuat masalah, namun bila sampah dikelola dengan benar, akan memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi penduduk, khususnya para petani,” jelas Pembantu Direktur III Polines Poniman, akhir pekan lalu.
Menurut Poniman, program peduli lingkungan yang digelar di Kelurahan Giyanti, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung ini diikuti 100 peserta, terdiri dari pelajar SMP, SMA dan masyarakat setempat. Bibit pohon yang ditanam berupa 100 pohon sengon, 100 pohon mahoni dan 50 pohon pucuk merah. “Penanaman pohon dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga sumber air,” tambah Poniman.
Selain itu masyarakat juga diajari memanfaatkan sampah untuk dijadikan pupuk, sehingga memiliki nilai tambah dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan penduduk. Pada kesempatan tersebut pendiri Komunitas Untuk Jogja (KUJ) Fadjar Basoeki memberikan penjelasan kepada penduduk bagaimana mengelola sampah plastik dan sampah organik menjadi benda yang lebih berguna dan memiliki nilai lebih. (*/tya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.