KTP Bisa Dipakai Nyoblos

353

SALATIGA – Jika Anda belum tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan presiden (Pilpres) 2014, tak perlu khawatir. Karena Anda tetap bisa menggunakan hak pilih yang dimiliki asalkan mempunyai kartu tanda penduduk (KTP). Anda bisa mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) yang sama dengan alamat KTP. Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Salatiga Putnawati kepada wartawan.
Putnawati mengatakan, KTP bisa dipakai untuk mendaftar sebagai pemilih pada pemungutan suara Pilpres 9 Juli nanti. Nantinya mereka masuk kualifikasi daftar pemilih khusus tambahan. 
Dalam daftar pemilih tambahan itu, warga bisa menyalurkan hak suaranya di TPS tempat tinggal dia berada sesuai alamat di KTP. Mereka bisa langsung mendatangi TPS pada hari pelaksanaan coblosan 9 Juli nanti. “Hanya saja, untuk waktu pencoblosan baru bisa menggunakan hak pilihnya mulai pukul 12.00,” katanya.
Perempuan berkerudung ini menambahkan, bagi warga pemilik KTP dari daerah lain juga bisa menggunakan hak pilihnya di tempat domisilinya saat ini. Namun calon pemilih itu terlebih dahulu harus meminta surat keterangan A5 dan pengantar dari daerah asalnya.
”Sebagaimana Pileg kemarin, seumpama ada orang yang kerjanya atau bertugas di luar kota, maka sebelumnya dia bisa meminta surat pengantar (form A5) KPU dari daerah asalnya. Surat pengantar itu, nanti bisa dipakai untuk mendaftar di mana dia mencoblos,” jelasnya.(sas/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.