Pendukung dan Penolak Pabrik Semen Akan Dipertemukan

269

GUBERNURAN – Sikap warga Rembang terpecah menjadi dua kubu dalam menyikapi pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia di wilayah tersebut. Mereka ada yang menolak pembangunan pabrik semen, namun ada pula sebagian warga yang mendukung.
”Kami mendukung pembangunan pabrik semen PT Semen Gresik karena akan membawa kesejahteraan masyarakat,” kata mantan Kepala Desa Kajar, Gunem, Rembang, Sumindar kepada wartawan seusai melakukan audiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gubernuran, Senin (23/6). Sumindar datang bersama puluhan warga dari Desa Kajar, Pasucen, Tegaldowo, dan Trimbangan yang mendukung pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia. Mereka datang untuk beraudiensi dengan Ganjar.
Menurut dia pembangunan pabrik semen di wilayahnya membawa dampak positif yakni memberikan lapangan pekerjaan bagi warga setempat. ”Desa kami termasuk wilayah terpencil sehingga adanya pembangunan pabrik semen akan membantu kesejahteraan masyarakat karena membuka lapangan pekerjaan,” ungkapnya.
Ganjar mengapresiasi kedatangan warga Rembang yang mendukung pembangunan pabrik semen. ”Kami ingin mendengar dari dua sisi, warga Rembang yang menolak dan mendukung pembangunan pabrik semen,” kata dia.
Ganjar sebelumnya pada Jumat (20/6), menerima audiensi warga Rembang yang menolak pembangunan pabrik semen PT Semen Indonesia. Bahkan para aktivis lingkungan di Rembang akan mengajukan gugatan hukum terbitnya izin pendirian pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang.
”Kami akan mengajukan gugatan untuk menolak rencana pendirian pabrik semen,” kata Ming Lukiarti, warga dari Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng.
Menurut Ming, pertambangan akan merusak alam, mengancam sumber air dari kawasan karst yang kaya sumber air bawah tanah. Jika pabrik semen dibiarkan berdiri, maka keberadaannya akan mengancam kebutuhan air untuk kehidupan warga dan pertanian
Ganjar berencana mempertemukan warga Rembang yang menerima dan menolak pembangunan pabrik semen. ”Dari pertemuan dua pihak ini diharapkan mampu mencari penyelesaian terbaik,” ujarnya. (ric/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.