Peserta Dibatasi Seribu

293

Samba Tour de Borobudur 2014

SEMARANG – Semarang Bicycle Association (SAMBA) kembali menggelar event tahunan Samba Tour de Borobudur. Tahun ini, event bergengsi yang sudah berjalan hingga tahun ke-14 ini akan dilakukan pembatasan jumlah peserta, yakni 1.000 pesepeda saja.
“Tahun ini panitia melakukan evaluasi, terkait jumlah peserta. Hal itu dikerenakan menyangkut kenyamanan, keamanan para peserta, dan juga evaluasi pihak jajaran kepolisian. Jika peserta terlalu banyak nantinya dikhawatirkan pihak panita tidak bisa meng-handle seluruh peserta,- dan tidak bisa memuaskan perserta itu sendiri,” ungkap Ketua Panita Samba Tour de Borobudur XIV 2014, Susanto kemarin.
Susanto menambahkan, kali ini Samba mengusung tema ‘Cyclist’s Friendship and Borobudur’, di mana tetap mengusung bersepeda secara fun dan penuh persaudaraan. Namun rute yang ditempuh cukup jauh yakni sekitar 100 kilometer. Tidak hanya bersepeda, Samba juga menggelar acara bakti sosial ke panti asuhan. “Tour de Borobudur itu sendiri sudah dibilang touring sepeda, karena jaraknya mencapai 100 km. Namun, nantinya pihak panitia tetap menyediakan doorprize, medali, hingga penghargaan bagi peserta tertua atau tercepat mencapai finish, dan lain-lain,” imbuhnya.
Hingga saat ini, imbuh Susanto, setidaknya sudah tercatat ada 400 lebih peserta yang telah menyatakan ‘indent’ untuk mengikuti kegiatan tersebut. Di antaranya pun telah terdaftar peserta yang berasal dari Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia. “Event sepeda ini kan selain kita untuk melestarikan budaya di daerah-daerah yang kita lewati juga nguri-nguri budaya Borobudur itu sendiri. Oleh karenanya, acara ini selalu kita gelar setiap tahun,” tandasnya.
Untuk pendaftaran dibuka di tiga tempat yakni di Redcules di Jalan Pleburan Barat No.4, Toko Sepeda Specialized di Jalan Kartini, dan Toko Sepeda Giant Jalan Tegal Sari Raya. Biaya pendaftaran adalah Rp. 250ribu, dan pendaftaran ditutup hingga tanggal 25 Juli 2014 atau sebelumnya bila tercapai 1.000 peserta. (dit/smu)