10 Pejabat Pemprov Daftar Calon Sekda

340

17 Pendaftar Lolos Seleksi Administrasi

TUGUMUDA – Sebanyak 10 pejabat pemprov ramai-ramai mendaftar lelang jabatan Sekda Jateng pada hari terakhir, Selasa (24/6). Mereka terdiri atas Asisten Sekda, Kepala Dinas, Kepala Badan, dan staf ahli. Dari total 44 pendaftar, hanya 17 orang yang dinyatakan lolos administrasi dan dapat mengikuti proses selanjutnya.
Pendaftaran promosi terbuka calon Sekda Jateng definitif tersebut ditutup pukul 16.00 kemarin. Panitia Seleksi (Pansel) yang memiliki sekretariat di Wisma Perdamaian memang tidak mewajibkan pendaftar datang langsung mengantarkan berkas. Karenanya sebagian besar memilih mendaftar melalui email. Hingga kemarin, pansel belum mau menyebutkan nama-nama pendaftar tersebut.
”Ke 17 pendaftar yang memenuhi syarat administrasi tersebut terdiri atas sepuluh orang dari internal Pemprov Jateng, tiga orang dari Pemkab Pati, Karanganyar, dan Purworejo, dua orang dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Kesra, dan masing-masing seorang dosen perguruan tinggi serta dari Pemkot Lubuk Linggau, Sumatera Utara,” kata Ketua Pansel Lelang Jabatan Sekda Jateng Prof Sudharto P. Hadi, kemarin.
Rektor Undip itu tidak bersedia menyebutkan identitas ke 17 pendaftar yang lolos seleksi administrasi tersebut saat ini, dan berjanji akan mengumumkannya pada Jumat (27/6). Dia hanya menyebutkan sepuluh pendaftar dari internal Pemprov Jateng itu menjabat sebagai asisten, kepala dinas, staf ahli, dan kepala badan di lingkungan pemprov.
Dia menjelaskan, tahapan seleksi selanjutnya yang harus diikuti oleh 17 pendaftar seleksi Sekda Jateng itu adalah uji gagasan tertulis pada Sabtu (28/6), penelusuran rekam jejak bagi yang lolos uji gagasan tertulis pada 30 Juni-4 Juli 2014, tes kompetensi pengetahuan umum serta sikap manajerial pada 31 Juni-6 Juli 2014, dan wawancara dengan seluruh anggota pansel pada 12-13 Juli 2014.
”Proses penelusuran rekam jejak itu terpisah dan tidak melibatkan yang bersangkutan langsung, melainkan penelusuran di kejaksaan, kepolisian, atau pengadilan,” katanya didampingi anggota tim pansel Budi Widianarko.
Selanjutnya, kata dia, pada Minggu (13/7), tim pansel Sekda Jateng akan memilih enam dari 17 pendaftar yang lolos seleksi administrasi untuk kemudian diajukan ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Senin (14/7). ”Gubernur kemudian akan memilih tiga calon Sekda Jateng terbaik dan diajukan ke Mendagri untuk ditetapkan,” jelasnya.
Menurut dia, kriteria Sekda Jateng yang ideal antara lain, mampu menerjemahkan visi dan misi Gubernur Jateng dan ada chemistry dalam bekerja sama dengan orang nomor satu di Jateng itu. (ric/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.