Bersaing dengan 139 Dosen, Usung Penelitian Antikorupsi

338

Marcella Elwina Simandjutak, Dosen PTS Berprestasi Tingkat Jateng 2014

Dosen Unika Soegijapranata, Dr Marcella Elwina Simandjutak SH CN MHum baru saja terpilih sebagai dosen perguruan tinggi swasta (PTS) berprestasi tingkat Jateng 2014. Dalam lomba ini, ia mengusung penelitian dan penulisan masalah pendidikan antikorupsi. Seperti apa?

EKO WAHYU BUDIYANTO, Bendan Dhuwur

KEBAHAGIAAN sedang menyelimuti Marcella Elwina Simandjutak. Sebab, pada 19 Juni lalu, Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang ini terpilih menjadi juara I dosen berprestasi tingkat Kopertis Wilayah VI Jateng.
Saat ditemui Radar Semarang belum lama ini, Marcella mengaku bangga karena menjadi salah satu bagian dari civitas akademika Unika Soegijapranata yang bisa mengharumkan nama kampusnya. Prestasi ini juga bukan kali pertama bagi Unika. Sebab, tahun sebelumnya, sejumlah dosen PTS ini juga pernah meraih juara I pemilihan dosen berprestasi yang diadakan oleh Kopertis Wilayah VI Jateng.
”Yang pasti saya senang. Lomba ini sebenarnya sebagai awal seleksi untuk masuk ke tingkat nasional pada akhir Juli nanti yang diadakan Kemendikbud untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. Jadi, kami disaring dulu di tingkat Jateng bersama dosen-dosen perguruan tinggi swasta yang ada di Jateng,” jelas wanita yang sekarang menjabat Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata ini.
Dikatakan, dalam lomba tersebut dirinya harus bersaing dengan 139 dosen dari PTS di Jateng. Saat lomba, ia mengusung karya unggulan tentang penelitian dan penulisan masalah pendidikan antikorupsi. ”Saya sudah sekitar 9 tahun berkecimpung di pendidikan antikorupsi. Sampai saat ini saya juga sudah memberikan training kepada sedikitnya 2 ribu dosen,” katanya.
Dengan bekal pengalamannya itu, ia memberanikan diri ikut lomba dosen berprestasi, dan kebetulan pihak Unika Soegijapranata merestui dirinya. Karena setiap PTS hanya diwakili oleh satu dosen sesuai permintaan panitia lomba.
Dan, saat diumumkan oleh Koordinator Kopertis VI DYP Sugiharto, Marcella terpilih menjadi juara I dosen prestasi. Disusul juara II Neil Samuel Rupidara SE MSc PhD dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dan juara III Dr Pulung Nurtantio Andono ST MKom dari Udinus. Ketiga dosen tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi di tingkat nasional. (*/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.