Harus Manfaatkan Teknologi Internet

326

SEMARANG-Sudah bukan zamannya lagi, para pengusaha atau eksekutif muda, berbisnis hanya menjual produk. Tapi harus dilengkapi dengan memanfaatkan dan menggunakan teknologi internet.
“Internet sekarang memegang peranan penting dalam menjebatani antara produk, konsumen, skill marketer dan kepuasan konsumen,” katanya dalam paparan Seminar Marketing 3.0 Form Product to Costumers to The Human Spirit, di Auditorium Bank Indonesia Kantor Semarang, Senin (23/6) kemarin.
Hermawan mengatakan bahwa dalam buku edisi Marketing 1.0 dirinya menjabarkan pentingnya sebuah produk dalam mempengaruhi kesuksesan penjualan. Namun dengan hal itu, lama kelamaan tertinggal dengan pesaing pada produk yang sama. “Jadi harus ada spesialisasi produk agar bisa bersaing,” paparnya.
Lebih lanjut dikatakan, dalam edisi Marketing 2.0, ia juga menjabarkan pentingnya second line kesuksesaan, dimana konsumen adalah raja. “Metode itu juga mulai ditinggalkan, karena para konsumen sekarang sangatlah cerdas. Mereka butuh hubungan emosional atau lebih diuwongke (dimanusiakan, red),” tandasnya.
Kini, dirinya membuat terobosan dalam dunia marketing untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi yang bisa menjembatani semua konsumen dan bisa dimanfaatkan oleh semua orang. “Seri Marketing 3.0 lebih unggul dan bisa memahami secara social dan emosional individu. Jadi ada hubungan antar manusia yang tidak bisa dilepaskan,” ujarnya.
Menurutnya, strategi ini sangat tepat lantaran tercatat ada sekitar 7,2 juta orang yang menggunakan internet. Sehingga pemasaran dengan dunia internet lebih terbuka.
“Jelas lebih efisien. Tapi jangan lupa, pemahaman secara sosial dan emosioanal tetap harus terjaga dan harus memiliki hubungan baik,“ timpalnya.
Dengan tekonologi, Strategi Marketing 1.0 juga harus tetap dipakai sehingga produk bisa tetap bersaing. Namun dirinya mengingatkan agar penawaran harus dibarengi dengan pemasaran pada konsumen yang loyal dan dapat dipercaya.(den/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.