Jumat, Kirab Dugderan Digelar

338

BALAI KOTA – Upacara tradisi Dugderan akan digelar pada Jumat (27/6) lusa. Seremonial tersebut sekaligus menjadi penutup kegiatan Dugderan yang sudah hampir dua minggu ini digelar. Selama prosesi acara, Jalan Pemuda akan ditutup total. Pemkot Semarang juga telah menyiapkan ratusan personil untuk melakukan pengamanan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Masdiana Safitri mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, TNI, Satpol PP Linmas, dan Disbukominfo, untuk menjaga keamanan dan kelancara selama kegiatan berlangsung. “Guna kelancaran dan keamanan prosesi, akan dikerahkan 177 personil kepolisian, 23 personil Kodim, 100 personil Satpol PP, 30 personil Kesbangpolinmas, 50 personil Dishubkominfo,” terangnya, kemarin (24/6).
Pihaknya mengimbau kepada sejumlah instansi dan perkantoran yang terletak di sepanjang jalan rute Kirab Budaya Dugder 2014 untuk tidak memarkirkan kendaraan di badan jalan. Khususnya karyawan yang ada di balai kota untuk tidak memakirkan mobilnya di halaman balai kota karena akan digunakan prosesi dugderan. Selama prosesi, akan dilakukan penutupan total Jalan Pemuda hingga perempatan Hotel Dibya mulai pukul 13.00 hingga 18.00. “Masyarakat kita imbau untuk melewati jalur alternatif seperti Jalan Pandanaran, Jalan Piere Tendean, Jalan Imam Bonjol,” harapnya.
Dengan mengambi tema “Keberagaman Memperkokoh Persaudaraan”, kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat (27/6). Dengan diawali dengan lomba-lomba semarak dugder yang berlangsung mulai dari 22-26 Juni 2014. Adapun lomba yang dilaksanakan adalah lomba jipin atau rebana, festival tari warak, dan lomba tek-tek dengan peserta UPTD Pendidikan Kecamatan (zal/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.