Tingkat Konsumsi Ikan Rendah

424

KAJEN-Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Pekalongan sangat rendah dari rata-rata Jawa Tengah. Yakni, baru mencapai 17,2 Kg/Kapita/Tahun. Sedangkan konsumsi ikan di Jawa Tengah 17,5 kg per kapita pada tahun. Ini termasuk jauh di bawah rata-rata nasional yang mencapai 35,14 kg per kapita di tahun 2013.
“Tingkat konsumsi ikan Jawa Tengah termasuk terendah kedua setelah DIJ,” kata Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Atiqoh Ganjar Pranowo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua III TP PKK Provinsi Jawa Tengah Prof DR Dwi Prayitno dalam pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), kemarin.
Atiqoh menganalisa rendahnya tingkat konsumsi ikan di Jawa Tengah disebabkan banyak faktor. Salah satunya terkait budaya atau mitos-mitos yang masih dipercaya masyarakat.
“Banyak orang tua melarang makan ikan selama masih menyusui dengan alasan takut ASI-nya nanti amis, bayi menjadi gatal-gatal dan sebagainya. Padahal nilai gizi ikan sangat penting bagi kita semua, terlebih pada anak-anak,” imbuhnya.
Karena itulah, katanya, Kementerian Kelautan dan Perikanan meningkatkan konsumsi makan ikan bagi masyarakat dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN). ”Ikan merupakan salah satu makanan yang sehat dan bergizi. Karena itu, harus banyak dikonsumsi demi menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan,” katanya.
Sementara itu, FORIKAN akan bertugas menyosialisasikan dan mensinergikan program/kegiatan yang ada di masing-masing institusi dengan Program Nasional GEMARIKAN. Anggotanya, meliputi anggota lintas instansi pemerintah, swasta, asosiasi perikanan, asosiasi profesi dan LSM.
“Semoga dengan adanya tim FORIKAN sampai tingkat desa/kelurahan, diharapkan mampu menjadi kader yang mengenalkan manfaat dan gizi ikan. Sehingga angka konsumsi ikan di Kabupaten Pekalongan mampu ditingkatkan,” ungkapnya.
Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Pekalongan, Ir Teguh Isdaryanto, MM mengatakan pengukuhan FORIKAN bertujuan memaksimalkan kampanye makan ikan di kalangan masyarakat Kabupaten Pekalongan. Kegiatan terdiri atas dua acara, yang diawali dengan pengukuhan FORIKAN kecamatan dan desa/kelurahan di Kabupaten Pekalongan. Dilanjutkan dengan Fasilitasi Peningkatan Kemampuan Warung Sekolah yang berbasis pelatihan. (thd/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.