2 Bulan Tampung 200 Laporan

309

TAWANGSARI — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuat laman khusus untuk berinteraksi dengan masyarakat. Layanan dengan nama Lapor Gub..! ini diharapkan bisa menampung aspirasi masyarakat yang ingin disampaikan langsung ke Gubernur Ganjar Pranowo.
Laman dengan alamat laporgub.jatengprov.go.id ini kali pertama diluncurkan pada awal Mei lalu. Setidaknya sudah menampung lebih dari 200 laporan masyarakat dan 30 persennya telah ditangani langsung oleh instansi terkait.
Staf khusus gubernur Warsito mengatakan, melalui laman ini masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, keluhan dan laporan kepada gubernur Jawa Tengah. Mulai dari masalah infrastruktur hingga noninfrastruktur seperti masalah sosial, pendidikan, pertanian atau masalah seputar Jateng lainnya.
”Dalam menyampaikan laporannya, masyarakat terlebih dahulu diminta mengisi form identitas pelaporan untuk menjamin jika laporan yang disampaikan adalah benar,” katanya usai sosialisasi kebijakan dan hasil pembangunan melalui ormas, LSM dan OPP di Hotel Puri Garden Semarang, kemarin (25/6).
Khusus untuk laporan infrastruktur, katanya, masyarakat diminta untuk mengirimkan lampiran gambar terkini sebagai data pendukung. Laporan tersebut secara otomatis akan diterima langsung oleh dinas-dinas terkait dan gubernur Jateng.
Lebih lanjut, Warsito mengatakan, peluncuran laman ini merupakan langkah konkret Ganjar untuk memberi ruang bagi pemerintahannya agar dapat berdialog dengan masyarakat. Lewat laman ini diharapkan berbagai masalah yang terjadi di masyarakat dapat segera diselesaikan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang. Laman ini juga dilengkapi dengan teknologi geotagging di mana masyarakat yang melapor akan diketahui posisinya dalam peta digital dua dimensi. (hid/ton/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.