Antar Dagangan, Rumah Terbakar

310


MAGELANG – Hendrawan Suharli, 65, pemilik rumah dan toko (ruko) di Jalan A Yani 24A Kampung Poncol, Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah, tak menyangka rumahnya bakal terbakar Rabu (25/6) pukul 11.30. Saat itu, ia merasa sudah mematikan kompor, televisi dan lampu.
Kapolsek Magelang Tengah, AKP I Gede Suardiyasa mengungkapkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran disebabkan percikan api dari kabel televisi yang lupa dimatikan saat ditinggal pemilik ruko. Percikan api langsung mengenai kasur yang terletak di bawah televisi tersebut.
“Karena bahan kasur mudah terbakar dan ukuran kamar 3×3 meter, menyebabkan api dengan mudah merambat ke sebelahnya. Diduga pula, televisi hanya dimatikan power-nya saja namun kabelnya tidak dicabut dari arus listrik,” katanya.
Gede juga menambahkan, kerugian diperkirakan Rp 5 juta. Barang-barang yang terbakar di antaranya tempat tidur, televisi 17 inchi, air conditioning (AC), dan perabot lainnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
“Dari pengalaman ini bisa dipetik pelajaran, jika hendak meninggalkan rumah semua harus dicek kembali. Jangan sampai masih ada kabel-kabel yang terhubung dengan arus listrik. Hunakan kabel yang standar dan jangan memasang cuk kabel terlalu banyak dalam satu arus. Hal itu bertujuan untuk menghindari korsleting listrik,” imbuhnya.
Gede menjelaskan, api berhasil dipadamkan oleh dua tim pemadam kebakaran Kota Magelang (damkar). Untuk memperlancar proses tim damkar bekerja, ruas jalan yang menuju Jalan  Sriwijaya ditutup sementara oleh petugas dari Polres Magelang Kota dan dialihkan menuju Alun-Alun Kota Magelang.
Sementara itu, menurut pengakuan pemilik ruko, Hendrawan Suharli, sebelum pergi TV, lampu dan kompor dalam kondisi mati. “Saya merasa sudah matikan semuanya, makanya saya kaget saat mendengar kabar ruko saya terbakar,” ujarnya.
Dia mengaku, saat kejadian itu dirinya sedang mengantarkan dagangan ke Kampung Jagoan, Kelurahan Jurang Ombo Utara, Kota Magelang. “Saat terbakar kondisi ruko kosong, karena saya tinggal pergi. Ke depan saya akan lebih berhati-hati,” pungkasnya. (mg4/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.