Lewat Jadwal Imsakiyah dan Piala Dunia

307

WONOSOBO – Memasuki tahapan persiapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo melakukan bimbingan teknis penyelenggara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Wonosobo, Rabu (25/6) di rumah makan Sari Rasa, Wonosobo. Proses pelatihan meliputi pemungutan dan penghitungan suara, pemutakhiran data pemilih, bimtek sosialisasi dan badan penyelenggara serta bimtek pengelolaan logistik dan keuangan.
Kegiatan tersebut  dibagi dalam dua kelas yakni kelas sosialisasi dan logistik dan keuangan yang dipandu oleh anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nurul Mubin, dan Divisi Logistik dan Keuangan Dian Kartika Wulandari. Sementara kelas Pemutakhiran Data Pemilih dan Teknis penyelenggaraan dipandu oleh Asma’ Khozin,  dan Zainal Ahmad.
Menurut Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Nurul Mubin, kegiatan ini sebagai wujud kesiapan penyelenggara di semua level untuk menyukseskan pemilu presiden dan wakil presiden, baik dari sisi penyelenggaraan, logistik serta kemampuan teknis penyelenggara pemilu.
“Kegiatan ini juga dilakukan pembagian tugas kepada PPK dan pembagian dan penyebaran alat peraga sosialisasi dalam bentuk leaflet berisi sosialisasi waktu pemunggutan suara 9 Juli 2014,”katanya
Dikatakan, KPU bersama elemen dibawahnya, mempunyai kewajiban melakukan sosialisasi ajakan memilih serta tahapan pemilu, visi, misi nama dan foto pasangan capres dan cawapres 2014 dalam bentuk leaflet.
“Karena berbarengan dengan puasa, sosialisasi dikemas dengan jadwal imsakiyah Ramadan serta jadwal Piala Dunia 2014, dan naskah khotbah jumat,”katanya.
Sementara itu, Anggota KPU Propinsi Jawa Tengah  Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Antar Lembaga Wahyu Setiawan, mengatakan pemilu dari tahun ke tahun khususnya di Kabupaten Wonosobo  selalu berjalan dengan damai.
“Oleh karena itu, modal sosial ini hendaknya dapat diimbangi dengan kinerja penyelenggara pemilu di semua tingkatan KPPS, PPS, PPK dan KPU kinerja yang profesional, independen dan integritas dalam melayani masyarakat untuk mengunakan hak pilihnya di TPS,” harapnya. (ali/lis)