Persiapan Hadapi Era Globalisasi

242

TEMBALANG — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng menggelar Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) SMK VII tingkat Provinsi Jateng. Kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa sebagai persiapan dalam mengikuti kompetisi di tingkat nasional dan internasional.
”Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan kecintaan guru dan siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Nur Hadi Amiyanto, dalam pembukaan OSTN SMK VII tingkat Provinsi Jateng di gedung Prof Soedarto Universitas Diponegoro (Undip), Rabu (25/6). OSTN akan berlangsung hingga 27 Juni 2014.
Nur Hadi menjelaskan, melalui OSTN, bangsa Indonesia tidak hanya berkompetisi pada ilmu pengetahuan, tetapi juga di bidang keterampilan. ”Ini sangat penting dalam rangka menghadapi persaingan era globalisasi dan teknologi yang semakin cepat,” katanya.
Ketua penyelenggara yang juga Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Aufrida Kriswati mengatakan, nantinya juara 1, 2 dan 3 akan menjadi duta Jateng dalam OSTN tingkat nasional yang digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. ”Jadi untuk peserta itu sendiri berjumlah 385 orang yang terdiri atas unsur 175 siswa, 175 guru dan 35 ofisial,” katanya.
Mata lomba yang dikompetisikan ada 5 jenis. Yakni matematika teknologi, matematika nonteknologi, fisika terapan, kimia terapan, dan biologi terapan. ”Sedangkan untuk dewan juri itu sendiri dari unsur dosen Undip dengan disiplin ilmu lomba,” katanya. (hid/ton/ce1)