Sekolah Favorit Diserbu

313

MAGELANG – Sekolah-sekolah favorit di Kota Magelang diserbu para calon siswa. Pendaftaran yang cukup singkat hanya 3 hari (23-26/6) ini membuat siswa bergegas agar bisa masuk di sekolah yang diinginkan. Sedangkan pengumuman pada 1 Juli 2014.
Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang Kunadi menegaskan tidak ada biaya untuk pendaftaran penerimaan peserta didik baru. “Tidak ada pungutan biaya apapun, bahkan stopmap formulir pendaftaran kami bagikan secara gratis,” katanya.
Tahun ini kuota yang dibuka 240 terbagi dalam 8 kelas. “Dua hari pendaftaran sudah ada 160 formulir yang kembali, hari ini (kemarin) 94 jadi totalnya 240 dengan rentang nilai 27,65 -33,05,” paparnya.
Proses pendaftaran dilakukan secara online seperti tahun-tahun sebelumnya. Kelebihannya adalah calon peserta didik bisa memantau langsung perkembangan peringkat . “Kami sediakan proyektor di gerbang masuk sekolah, sehingga semua dapat mengakses dengan mudah,” imbuhnya.
Kunadi menambahkan, ada kriteria nilai tambahan bagi calon peserta didik yang mengacu pada Perwal No 23 Tahun 2013 dan di elaborasi dengan juknis dari diknas. “Semua aturan yang berkaitan dengan PPDB kami ikuti dengan baik,” ujarnya.
Menurutnya, ada beberapa bonus  tambahan nilai untuk kemaslahatan, misalnya anak dari pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dan guru setempat mendapat nilai tambah 0,5. Sedang di luar satuan dan kota yang sama mendapat nilai tambah 0,3. Untuk anak seorang pendidik yang mengajar di luar kota namun berdomisili di kota mendapat nilai tambah 0,1.
“Tambahan lain adalah nilai lingkungan. Kalau dari kota yang sama tambahan nilainya 1 dan dari kecamatan yang sama dengan sekolah ini tambahan nilainya 0,25 ” ujarnya.
Dia juga menjelaskan nilai tambahan berdasarkan piagam, untuk juara tingakat kecamatan jika juara satu tambahan nilainya 0,75, juara dua 0,5 sedangkan juara tiga 0,25. Nilai tambah piagam tingkat provinsi 1,5 untuk juara satu, 1,25 untuk juara dua dan juara tiga 1,75. “Untuk piagam juara satu tingkat provinsi dan mempunyai piagam tingkat nasional langsung diterima secara mutlak,” paparnya.
Hal senada dikatakan ketua panitia PPDB SMP Negeri 2 Magelang Suparno, SMP favorit di Kota Magelang ini juga tidak ada pungutan biaya bagi calon peserta didik. “Kemarin (24/6) sudah ada 128 formulir yang kembali. “Nilai tertinggi tahun lalu adalah 27,65 dan target tahun ini kalau bisa 28,” ujarnya.
 Dia juga menambahkan, daftar ulang di SMP 2 adalah tanggal 1 Juli – 3 Juli 2014. “Daftar ulang juga di tutup tanggal 3 Juli 2014 pukul 12.00 siang,” terangnya.
Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang Sumardi mengimbau kepada semua pihak supaya menaati regulasi perwal/juknis mendaftar sesuai dengan kemampuan siswa, agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
“Tujuan lain supaya orang tua tidak memaksakan kehendak untuk memasuki sekolah sesuai keinginan orangtua, tetapi sesuai kemampuan anak,” tegasnya. (mg4/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.