Bajak Laut Bidik Level Nasional

292

SEMARANG – Tim futsal Bajak Laut 2000 Semarang saat ini tengah serius mempersiapkan tim di dua event Nasional. Tak tanggung-tanggung mereka mendatangkan eks asisten pelatih Timnas Futsal Indonesia Ade Tafyan Reza.
Ade akan menangani Akademi Bajak Laut 2000 yang diperkuat sejumlah pemain kelompok umur SMA untuk menghadapi Copa Indonesia September mendatang. Mereka berasal dari sejumlah sekolah yang tersebar di Kota Semarang. Tiga kali sepakan, ditempa teknik, taktik dan strategi di Knights Futsal Stadium, Marina.
”Masih perlu tambahan hal-hal detail tentang olahraga futsal. Seperti cara passing yang benar dan bermain efektif. Saat ini, kebiasaan di sepak bola masih dibawa dalam futsal. Karenanya, kami sengaja membawa mantan pelatih timnas untuk memperbaikinya,” kata Manajer Tim Bajak Laut Suyatno.
Ditambahkan, akademi dibentuk sebagai pendukung pembinaan tim senior. Tahun lalu, tim senior berhasil finis di urutan ke-lima Nusantara Futsal League (NSL) seri B nasional dan promosi ke Seri A nasional. Bila tampil di Seri A, harus memiliki tim akademi yang diperkuat pemain-pemain muda. ”Kalau tim senior diharapkan dapat meraih prestasi dan promosi lagi ke kasta lebih tinggi Indonesia Futsal League (IFL). Sedangkan tim akademi menghadapi program jangka panjang, yakni regenerasi seniornya. Jangka pendeknya mengikuti Copa Indonesia,” ujar Suyatno.
Sementara itu, Ade menambahkan, para pemain Bajak Laut memiliki potensi. Punya kecepatan, stamina mumpuni dan postur sangat baik. Hanya saja belum tersentuh teknologi, masih mempertahankan bakat alam yang dimiliki masing-masing pemain. ”Masih banyak waktu untuk membenahinya, mengingat Copa baru digelar September. Selain pembenahan dalam latihan, juga diikutkan pada sejumlah turnamen futsal untuk melihat sejauh mana marteri diserap,” tutur pria yang ikut mengantarkan Tim Futsal Indonesia tampil di Pra Piala Asia di Thailand dan Piala Asia di Dubai 2012 lalu.
Copa sendiri akan menggunakan penyisihan regional. Untuk Jateng, rencananya dipusatkan di GOR Futsal Undip Tembalang. Nantinya akan diambil empat tim melaju ke tingkat nasional yang menggunakan sistem home and away. “Untuk delapan besar dipusatkan di Jakarta,” pungkasnya. (bas/smu)