Bingkisan untuk Petugas Kebersihan

353

MAGELANG – Ratusan Petugas Dinas Kebersihan Pertamanan dan Tata Kota (DKPT) Kota Magelang dan 229 petugas sampah yang tiap hari bertugas di 17 kelurahan Kota Magelang mendapat bingkisan dari Pemkot Magelang. Bingkisan diberikan saat tasyakuran Adipura Kencana 2014 dengan kategori kota sedang yang diraih Kota Magelang. Tasyakuran dihadiri Ketua DPRD Hasan Suryoyudho, Sekretaris Daerah Kota Magelang Sugiharto, para pelaku bisnis, serta tokoh masyarakat.
“Terimakasih kepada seluruh petugas kebersihan, yang telah membantu, serta menjaga kota ini tetap bersih dan rapi. Juga warga Kota Magelang atas partisipasi aktifnya,” kata Sigit di pendopo Pengabdian belum lama ini (23/6).
Menurutnya, penghargaan tertinggi di bidang kebersihan tersebut, merupakan kebanggaan dan menjadi kehormatan bagi warga Kota Magelang. Dirinya berharap, ke depan masyarakat lebih semangat menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Utamanya mendukung dan berpartispasi aktif dalam menjaga Kota Magelang agar tetap bersih dan rapi.
“Ini menjadi tantangan kita semua, bagaimana kebersihan, kerapian, keindahan serta kesejukan tetap terjaga,” ujarnya.
Kabag Humas, Protokol dan Santel Setda Kota Magelang Sutomo Hariyanto menerangkan, kota ini berhasil meraih Adipura Kencana karena didukung oleh beberapa program yang telah dilakukan. Salah satunya pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi untuk mengelola sampah melalui kampung organik dan pengembangan bank sampah.
“Saat ini kampung organik sudah menyebar di seluruh kelurahan. Selain bermanfaat untuk penghijauan juga memiliki manfaat ekonomis bagi warga,” terangnya.
Ia menuturkan, inovasi lain yang telah dilakukan Kota Magelang yakni pemanfaatan energi melalui solar cell untuk kebutuhan listrik di beberapa traffic light. Selain itu pemanfaatan lindi TPA untuk biogas listrik serta pengolahan sampah organik menjadi pupuk granuler. (mg4/lis)