Gabungkan Kesenian Tradisional dan Modern

373

PEDURUNGAN – Sejumlah kelompok kesenian, grup band anak muda, grup keroncong, dan teater unjuk kebolehan dalam acara ”Parade Budaya Menuju Berkepribadian dalam Kebudayaan” di Panti Marhaenis, kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Kamis (26/6). Acara yang digelar untuk memperingati Bulan Bung Karno tahun 2014 tersebut juga disisipi pesan serta ajakan dukungan untuk pasangan Jokowi–Jusuf Kalla.
Aksi kelompok kesenian tradisional maupun modern menghibur masyarakat yang datang ke Panti Marhaenis. Sejak pagi hingga sore, tampil 2 kelompok reog tradisional dari Kabupaten Semarang. Acara dilanjutkan dengan penampilan 6 grup band remaja dalam berbagai aliran. Mulai yang membawakan musik pop, rock, hingga rap. Di sela-sela penampilannya, mereka juga menyampaikan dukungan untuk pasangan Jokowi–Jusuf Kalla dalam pilpres. Dukungan disampaikan melalui yel-yel, maupun mengubah sebagian lirik lagu yang dinyanyikan.
Panitia acara, Gunawan mengatakan usai parade grup band, acara dilanjutkan dengan penampilan grup barongsai dari Kota Semarang. ”Malam harinya tampil 4 grup keroncong dan dihadiri komunitas pencinta keroncong. Serta ada penampilan dari teater lingkar yang membawakan beberapa gerak dan lagu dolanan serta lagu-lagu perjuangan,” katanya.
Menurut Gunawan, Parade Budaya dalam rangka Bulan Bung Karno ini bertujuan mengembangkan budaya menuju kepribadian bangsa sesuai dengan ajaran Bung Karno dan Trisaktinya. (ric/bis/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.