Tujuh Honorer K2 Teranulir Tak Diganti

357

SALATIGA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memastikan tidak ada pengisian terhadap berkurangnya jumlah PNS dalam pengangkatan honorer kategori 2 (K2) lalu. Tujuh honorer yang teranulir tetap bisa mengabdi di institusi masing – masing seperti sebelum mengikuti tes.
“Karena sudah dianulir ya sudah. Tidak bisa digantikan dengan honorer lainnya yang peringkatnya di bawahnya. Sebab, data yang kita terima adalah lolos dan tidak bukan susunan peringkat,” terang Kepala BKD Kota Salatiga Adi Isnanto saat dikonfirmasi wartawan kemarin.
Lebih jauh ia menyatakan, jika pihaknya juga tetap mengusahakan kekurangan PNS sebanyak 663 orang. Namun ia mengaku belum mengetahui apakah akan ada perekrutan tahun ini atau tidak. Sebab, hingga saat ini belum ada informasi rapat koordinasi dari pemerintah pusat untuk membahas rekrutmen pegawai.
“Kami tetap berharap ada penambahan PNS melalui rekrutmen ini untuk meningkatkan kinerja, karena banyak instansi yang kurang pegawainya. Baik guru, teknis maupun administrasi. Meski kabarnya Agustus (ada rekrutmen pegawain), kok hingga saat ini belum ada rapat koordinasi,” kata Adi.
Sebagaimana diketahui, sebanyak tujuh tenaga honorer kategori 2 (K2) yang diterima CPNS pada rekrutmen 2013 lalu akhirnya dianulir oleh pemkot. Langkah ini dilakukan setelah pemeriksaan khusus (riksus) yang dilakukan oleh Inspektorat Kota ditemukan adanya kesalahan administrasi.
Kepala Inspektorat Kota Salatiga, Niken Lidiastuti, menjelaskan, pemeriksaan khusus terhadap 12 tenaga honorer K2 yang diadukan oleh masyarakat telah selesai. Selain itu, berita acara pemeriksaan, serta hasilnya sudah ditandatangani. (sas/aro)