Usaha Besar Siap Bermitra

321

MAGELANG – Kantor Penanaman Modal Kota Magelang memberi kesempatan kepada usaha mikro dan kecil (UMK) menjalin kemitraan dengan usaha menengah dan besar (UMB). Tujuannya meningkatkan kuantitas dan kualitas UMK di Kota Magelang.
Salah satunya memalui temu usaha atau matchmaking bertempat di Hotel Puri Asri Magelang, kemarin (25/6). Sekitar 100 pengusaha berkumpul face to face saling menawarkan kerja sama. Misalnya saja Nina Tapsirina pekerja kreatif Indigo Art Jl Pahlawan Botton Kota Magelang, menawarkan kreatifnya di bidang fashion panggung cosplay costume, carnival costume, weapon replica, body armour, mecha costume, dan lainnya.
“Kami ingin menjalin kerja sama dengan hotel-hotel yang ada di Kota Magelang. Saat ada event, jasa kami bisa digunakan,” katanya.
Sementara itu, Atria Hotel & Conference (AHC) Magelang selaku UMB melalui General Managernya Chandra Irawan mengatakan, siap menjalin kerja sama dengan UMK yang bergerak di bidang pembuatan cenderamata atau suvenir. “Kami membutuhkan untuk memberikan cenderamata bagi pengunjung kami, tentunya suvenir dengan ciri khas Magelang,” ungkapnya.
Dalam acara itu, Kepala KPM Kota Magelang Aeny Setyawati mengatakan, kemitraan antara UMK dan UMB merupakan langkah untuk memperkuat jaringan bisnis. “Tentu saja dengan kerja sama yang baik akan meningkatkan akses pasar dalam negeri bagi UMK,” tuturnya.
Menurutnya, UMK di Kota Magelang cukup banyak dan berkembang secara mandiri. Namun, kurangnya akses pasar menjadi kendala UMK berkembang. “Dengan acara seperti ini, merupakan langkah untuk memfasilitasi UMK bertemu dengan UMB sehingga bisa berkomunikasi secara langsung dan memungkinkan untuk bekerja sama. Ini seperti simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan,” tegasnya. (mg4/lis)