Atletik Sumbang 3 Emas

277

MUNGKID– Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Magelang patut dibanggakan. Dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Bahurekso Cup II tingkat Jawa Tengah di Kendal yang berakhir kemarin, mampu mencatatkan prestasi.  Dalam even itu, PASi meraih 3 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu. “Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Bahkan di luar target, “ kata Sekretaris Umum PASI Kabupaten Magelang, Priyatmadi, kemarin.     
Dia mengatakan, sebelumnya pihaknya menargetkan perolehan dua emas saja pada even tersebut. Dengan hasil itu, Kabupaten Magelang mampu berada pada peringkat 9 dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang ikut dalam even tersebut.
“Dan ini adalah perolehan emas pertama kali sejak sepuluh tahun
terakhir dimana Kabupaten Magelang selalu minim medali emas dalam setiap Kejurda,” jelas Priyatmadi.     
Dalam kejurda kemarin, kata dia, PASI mengirimkan sebanyak 10 atlet, 3
pelatih, dan 1 ofisial. Mereka turun dalam 19 nomor yang dilombakan.
Dua orang atlet yang mampu menyumbangkan tiga medali emas yakni Adiska Rani Dita C pada nomor lomba lari 100 meter gawang dan lompat jangkit.
”Satu atlet lagi yaitu Ahmad Badriyanto pada nomor lomba lari 3000
meter. Dia bahkan mampu memecahkan rekor tercepat dari sebelumnya sekitar 10 menit, kini menjadi 9 menit 55 detik,” imbuh Priyatmadi.       
Ketua Pengkab PASI Kabupaten Magelang, Subagijo menambahkan, dengan lolosnya cabang olahraga atletik pada kejurda kemarin, diharapkan nantinya bisa mengirimkan minimal tiga atlet pada PON Remaja di Surabaya bulan Desember mendatang.     
“Ada tiga atlet yang rencananya kita kirim ke PON Surabaya besok. Ahmad Badriyanto, Endah Eka Aris, dan Aina Vicky,” katanya.     
Dia pun berharap, prestasi yang telah dihasilkan mampu mendapat
perhatian dari Pemkab Magelang. Mengingat sejauh ini perkembangan olahraga atletik nyaris atas swadaya dari masing-masing pengurus.     
Untuk diketahui, Kabupaten Magelang mampu meraih medali emas setelah sekitar 10 tahun terakhir ini, dan itu pun dengan sarana serta prasarana yang terbatas. (vie/lis)