Karnaval Dugderan Berlangsung Meriah

325

Prosesi Karnaval Dugderan 2014 sebagai tradisi menyambut bulan Ramadan di Kota Semarang berlangsung meriah. Rangkaian puncak prosesi dugderan diawali karnaval di Lapangan Simpang Lima oleh ribuan pelajar mulai tingkat TK, SD/MI, dan SMP/MTs se-UPTD Pendidikan Kota Semarang. Selain karnaval anak-anak, di Simpang Lima juga dimeriahkan dengan karnaval mobil hias. Sore harinya, prosesi dugderan dilanjutkan dengan kirab budaya.
Dalam prosesi tersebut wali kota menaiki kereta kencana dikawal oleh pasukan Pandanaran, pasukan berkuda dan bendi hias menuju Masjid Agung Semarang Kauman. Di Masjid Kauman, dilakukan pembacaan sukuf qolakho halaqoh dan penabuhan beduk yang disertai meriam, pembagian ganjel rel dan air khataman Alquran.
Selesai prosesi di Masjid Kauman, wali kota beserta rombongan menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) untuk menyerahkan sukuf halaqoh kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo selaku Raden Mas Tumenggung Probohadikusumo. Setelah itu diteruskan dengan pembacaan sukuf halaqoh oleh Gubernur Jateng dilanjutkan penabuhan beduk dan bom udara. (*)