Lonjakan Harga Dinilai Wajar

315

DEMAK – Menjelang bulan Ramadhan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Demak melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tardisional. Diantaranya ke Pasar Bintoro, Pasar Buyaran dan Pasar Gajah.
Sidak dipimpin langsung Bupati Dachirin Said, dan Wabup Harwanto. Kepala Disperindagkop Eko Pringgolaksito mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat jelang puasa. Hasilnya, berbagai harga sembako masih relatif stabil dan tidak ada peningkatan yang berarti. Harga daging ayam misalnya, masih berkisar antara Rp 27 ribu hingga Rp 28 ribu per kilogram. Pun, harga sembako lainnya masih terjangkau masyarakat.
Bupati Dachirin menambahkan, peningkatan harga tidak terlalu mencolok. Menurutnya, kalaupun ada kenaikan masih bisa ditolerir. Satu sisi akan puasa dimana kebutuhan konsumen meningkat. “Istilahnya pedagang itu mremo. Tapi, asalkan terjangkau saya kira masih wajar,” jelasnya. Dia berharap, stabilitas harga di pasar tradisional selama Ramadhan dan Idul Fitri mendatang tetap terjaga dengan baik. (hib/ric)