RRI Garap Semua Segmen

468

Mulai Remaja hingga Pertahankan Siaran Budaya

SEMARANG – Radio Republik Indonesia (RRI) terus mengembangkan program siaran untuk mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan industri radio siaran. Salah satunya dengan mengangkat berbagai program yang bisa dinikmati oleh berbagai segmen.
Direktur LPU LPP RRI Pusat Hasto Kuncoro mengatakan, tren dalam program siaran terus berkembang mengikuti perkembangan masyarakat. Karena itu, stasiun radio milik pemerintah ini juga tak ingin ketinggalan memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita memiliki beberapa program yang bisa diakses oleh masyarakat dari berbagai segmen,” ujarnya, dalam forum BUMN Marketers Club yang ke-18 di Hotel Horison, kemarin (27/6).
Program pertama bisa dinikmati oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Isi siaran dalam program ini didominasi oleh berbagai informasi serta budaya. Menurut Hasto, program acara yang menonjolkan budaya saat ini tidak banyak digarap radio swasta niaga, sehingga RRI merasa berkewajiban untuk terus menjaga acara budaya tersebut. “Bagaimanapun kita perlu memberikan banyak ruang siaran yang membesarkan budaya bangsa,” ujarnya.
Kemudian program kedua yang disiarkan melalui Pro 2, lebih banyak ditujukan pada remaja dan anak-anak muda. Sebagian besar program diisi oleh musik, komunitas serta acara seputar gaya hidup dan yang mengembangkan kreativitas anak muda. Anak-anak muda juga tetap menjadi pendengar RRI, sehingga perlu difasilitasi.
Masih ada lagi Program Tiga yang merupakan pusat jaringan berita nasional. Program ini berjalan selama 24 jam. Selain itu ada juga beberapa sajian bagi para penghobi musik-musik tertentu, siaran musik klasik, misalnya. “Saat ini komunitas memang tengah banyak berkembang. Bila dikelola dan diberdayakan dengan baik tentu hasilnya sangat bagus. Hal ini yang juga perlu kita garap,” ujarnya.
Selain menyajikan berbagai program siaran, RRI juga terus menggandeng banyak pihak. Mulai dari program siaran hingga berbagai kegiatan non-siaran atau off air. (dna/smu)