Rute Lebih Menarik dan Menantang

313

Samba Tour de Borobudur XIV 2014

SEMARANG – Event ‘gowes’ paling bergengsi, Samba Tour de Borobudur yang ke-14 terus dipersiapkan dengan matang. Kemarin, panitia melakukan persiapan rute yang hendak dilalui dalam event yang akan berlangsung 24 Agustus mendatang.
Meski event Samba Tour de Borobudur sudah berjalan belasan tahun, sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pihak panitia secara detail. Ketua Panita Samba Tour de Borobudur XIV 2014, Susanto, menjelaskan persiapan perlu dilakukan detail termasuk menjajal rute, mengingat rute yang akan dilalui nanti berbeda dibanding tahun lalu. Selain jarak tempuh yang bertambah 20 km, rute nanti lebih menarik, karena akan melintasi jalur pedesaan dan mengurangi jalur jalan raya antara 30-40 persen dibanding event sebelumnya.
“Kalau tahun lalu kita 80 km, tahun ini bertambah 20 km, sehingga Samba Tour de Borobudur XIV 2014 akan melahap 100 km dengan jalur baru yang lebih menarik dan menantang,” jelasnya.
Meski melintasi pedesaan, lanjut Susanto, tidak mengurangi tantangan yang ada. Karena beberapa tanjakan akan ditemui oleh peserta. Setidaknya ada beberapa tanjakan sepanjang 1 km serta turunan dengan jarak tempuh start hingga finish sekitar 4 jam. “Event kali ini sesuai dengan tema yakni Cyclist’s Friendship and Brotherhood di mana bersepeda dengan berwisata, dengan view pemandangan di wilayah Ambarawa, Desa Brongkol Jambu, dan Grabag Magelang,” tukasnya.
Sementara itu, Sekretaris Panita Samba Tour de Borobudur XIV 2014 Andre Setiawan menambahkan, pihaknya telah membuka pendaftaran di tiga titik yakni, Ride Plus Jalan Pleburan Barat, Specialized Jalan Kartini, dan Giant di Jalan Tegalsari Raya. “Event kali ini dibatasi 1.000 peserta saja, untuk keamanan dan kenyamanan peserta, mengingat rutenya cukup jauh dan menantang. Kita akan start di Mako Brimob Srondol Semarang dan finish di Lapangan Resto Pondok Tingal Borobudur dengan tiga kali pitstop,” tandasnya (dit/smu)