Tepat Tangani Masalah

354

Berkecimpung di dunia pendidikan terutama taman kanak-kanak (TK), Yuliatun tidak pernah mengenal kata bosan. “Semua dijalani dengan ikhlas dan sabar, karena niatnya memang ingin berjuang,” kata Kepala Sekolah TK RA Masyithoh 4 Kota Magelang itu.
Menurutnya, kepolosan anak kecil memunculkan hal-hal yang unik tersendiri. “Mereka semua masih lucu, setiap hari saya temukan hal baru saat bersama mereka,” ujarnya.
Ada tantangan tersendiri bagi Yuli ketika mengajar TK. Yakni ketika mampu melayani anak didiknya sesuai dengan kebutuhan dan tepat penanganannya. “Justru di situlah sulitnya. Anak mempunyai permasalahan tersendiri. Anak pendiam harus ditangani seperti apa, yang hiperaktif juga harus ditangani seperti apa. Ini jadi tantangan dalam memecahkan sebuah masalah,” paparnya dengan bersemangat.
Menanamkan nilai agama dan karakter bagi anak didiknya adalah agenda wajib setiap hari yang harus diberikan. “Dikatakan berhasil, jika anak didik tumbuh dan berkembang baik, Saya akan berjuang terus sampai tubuh ini masih kuat untuk berjuang,” imbuhnya. (mg4/lis)