66 Persen Raskin Tersalurkan

278

SEMARANG – Bulog Divisi Regional Jawa Tengah hingga saat ini telah menyalurkan beras miskin (raskin) kepada masyarakat sebanyak 295.332.465 kg dari total yang harus disalurkan pada tahun ini sebanyak 446.788.260 kg. Itu berarti setidaknya sudah 66,10 persen dari total raskin yang harus disalurkan pada tahun ini, telah terdistribusikan.
Kepala Bulog Divre Jateng Damin Hartono, kemarin mengatakan, prosentase penyaluran raskin dengan jumlah lebih dari 50 persen pada pertengahan tahun tersebut terjadi karena ada ptogram percepatan pemberian raskin bulan November dan Desember. Sehingga untuk yang tahun 2014 ini raskin sudah diberikan untuk delapan bulan. “Dengan jumlah warga yang menerima sebanyak 2.482.157. Jumlah penerima itu tersebar di setiap kabupaten/kota di Jateng,” ujarnya.
Terkait percepatan pemberian raskin, ucap Damin, hal ini tergantung dari surat permintaan alokasi (SPA) dari bupati atau walikota setempat. Jika belum ada SPA tersebut maka Bulog tidak bisa melakukan percepatan.
Sementara itu, hingga saat ini stok beras yang dimiliki oleh Bulog mencapai 295.491 ton, sedangkan sepanjang 2014 dari awal tahun hingga bulan ini pengadaan mencapai 282.166 ton. Disebutkannya, per hari beras yang masuk ke Bulog antara 2.000 hingga 3.000 ribu ton, jumlah tersebut tersebar di 43 gudang Bulog yang ada di seluruh Jateng. Adapun semua beras merupakan produk lokal di antaranya beras organik jenis mentik susu dari Kedu, beras merah, beras hitam yang berasal dari Bumiayu, Pati, dan Jepara.
“Hingga sekarang stok kami masih memenuhi sampai delapan bulan ke depan yaitu hingga bulan Februari 2015. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan persediaan beras di Jateng. Bahkan kami juga mengirim ke beberapa daerah lain,” tandasnya. (dna/smu)