90 Dokter Gelar Seminar DM

308

MRANGGEN – Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di wilayah Mranggen, RS Pelita Anugerah merasa bertanggung jawab untuk membagikan ilmu kepada dokter di sekitar rumah sakit setempat. Sabtu (14/6) lalu, RS Pelita Anugerah mengundang sebanyak 90 dokter mitra, baik yang berasal dari wilayah Demak maupun wilayah Semarang untuk mengikuti seminar bertajuk Diabetes Mellitus (DM). Seminar tersebut menghadirkan narasumber dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis patologi klinik, dr H Muhammad Subandrio, Sp.PD.
Direktur Utama RS Pelita Anugerah dr Hestu Waluyo MKes saat membuka seminar menyampaikan, penderita diabetes mellitus perlu mendapatkan penanganan yang tepat dalam pengobatanya, dan diharapkan dengan adanya seminar tersebut dapat menambah pengetahuan khususnya tentang penanganan diabetes melitus secara tepat, sehingga bisa menekan angka kematian.
Dalam seminar, dr H Muhammad Subandrio, Sp.PD membeberkan bahwa jumlah penderita DM di Indonesia menempati urutan keempat pada 2004 dan kesepuluh pada 2011. Dalam pengendalian DM, jelas dia, terdapat 5 pilar antara lain: edukasi, perencanaan makan/diet, aktivitas fisik, obat, dan pemeriksaan gula darah.
“Perencanaan pola makan dengan tujuan mengendalikan glukosa darah, mengendalian lipid darah, menunda atau mencegah komplikasi, serta mencapai atau mempertahankan berat badan normal,” jelasnya.
Untuk aktivitas fisik, kata dia, misalnya dengan berjalan, jogging, sit-up, bersepeda, dan sebagainya. “Latihan fisik bertujuan menurunkan faktor resiko kardiovaskuler, meningkatkan peran diet penurunan berat badan, memperbaiki kendali glukosa darah, menambah kebugaran serta memperbaiki kualitas hidup,” katanya. (hm/aro)