Dorong Proyek Segera Dijalankan

275

KUDUS–Eksekutif harus segera menjalankan program dan kegiatan yang ada. Jangan sampai ada keterlambatan. Apalagi pembahasan APBD 2014 telah diselesaikan sejak awal, namun ternyata banyak kegiatan hingga kini belum dilaksanakan.
Sekretaris Komisi C DPRD Kudus Superiyanto mengatakan, informasinya 90 persen dari 300 paket kegiatan yang ada di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hingga kini belum selesai proses lelang. ”Proses lelang saja belum selesai, lalu kapan pelaksanaannya,” katanya kemarin.
Pengesahan APBD 2014 bisa dikatakan lebih cepat dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun ternyata tak menjamin kegiatan dilaksanakan lebih cepat juga. Sehingga terkesan tepat waktu atau molornya pembahasan APBD, ternyata hasilnya sama, program dan kegiatan masih dilakukan diakhir-akhir tahun anggaran.
Padahal, semangat untuk membahas APBD lebih awal, tujuannya agar kegiatan termasuk proyek yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar bisa diselesaikan tepat waktu. Karena jika dilakukan di akhir tahun anggaran, ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi. Seperti proyek tidak bisa diselesaikan tepat waktu, sehingga kegiatan tidak bisa selesai seratus persen. (lis/lin)