‘Jamal’ Sambut Ramadan dengan Gembira

279

SEMARANG – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan belanja sambil amal (Jamal). Seperti yang dilakukan lembaga sosial Rumah Zakat Cabang Semarang, di Taman KB Semarang, Jumat (27/6).
Dengan menyediakan sejumlah barang-barang seperti pakaian dan peralatan sekolah, mereka mengajak setiap pembeli menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu orang yang membutuhkan. “Hasil penjualan ini 100 persen disumbangkan kepada Rumah Zakat,” ungkap Kepala Cabang Rumah Zakat Semarang Muhammad Isa saat ditemui di lokasi.
Isa menambahkan, kegiatan terebut rutin dilakukan menjelang datangnya Ramadan. Selain harus disambut dengan gembira, juga untuk mensosialisasikan pentingnya zakat untuk membantu semua. “Acara ini juga dilakukan secara serentak di sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Tema yang diambil kali ini adalah Berbagi Senyum Ramadan,” bebernya.
Selain Jamal, imbuh Isa, juga digelar berbagai acara lainnya. Di antaranya, pawai Ramadan oleh anak-anak SD juara binaan Rumah Zakat, demo masak, juga tensi gratis dan cek kesehatan murah. Semua kegiatan tersebut termasuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Harapannya, melalui kegiatan ini lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Juga mengajak mereka untuk bersuka cita menyambut datangnya Ramadan,” pungkasnya. (fai/smu)