Jamin Suplai Air Lancar

326

PEKALONGAN–Perusahaa Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pekalongan menjamin suplai air selama bulan Ramadan lancar. Pasalnya, untuk melayani banyaknya permintaan telah menyiapkan tiga sumur bor baru di tiga titik.
“Ini setelah kami memprediksi permintaan air akan meningkat saat bulan puasa,” kata Kabag Hubungan Pelayanan Pelanggan PDAM Kota Pekalongan, Murip Solichin, kemarin.
Murip mengungkapkan bahwa tiga lokasi sumur bor baru itu berada di Kelurahan Bendan, Bandengan dan Salam Manis. Selain menambah sumur bor, pihaknya juga menambah jam pelayanan kepada para pelanggannya hingga 24 jam. Meski normalnya hanya 18 jam.
”Kami juga menambah jam pelayanan untuk para pelanggan. Kami melakukan itu semua untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggan,” ujarnya.
Selain itu, kata Murip, PDAM sudah menyediakan genset mobil untuk mengantisipasi pemadaman listrik. Genset tersebut sudah siap dikirim ke tempat-tempat produksi air yang tenaga atau alat pembangkitnya menggunakan listrik. ”Jadi, meskipun terjadi pemadaman listrik, suplai air akan tetap lancar,” terangnya.
Selain masalah teknis, PDAM juga telah mengambil kebijakan internal terkait jam kerja bagi karyawan PDAM, yakni melarang staf pelayanan dan produksi cuti saat Lebaran. ”Langkah ini untuk mengantisipasi masalah yang terjadi saat Lebaran nanti. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat tetap bisa dilakukan dengan baik,” tambahnya.
Terpisah, Direktur PDAM, Yani Setiawan menambahkan bahwa pihaknya menghentikan sementara pekerjaan penggalian dan pemasangan jaringan distribusi bantuan air dari AusAID di sebanyak 2.057 titik di seluruh Pekalongan.
”Kami mengeluarkan kebijakan ini agar tidak mengganggu arus mudik Lebaran. Sebab, banyak pembangunan jaringan yang melintasi jalan-jalan protokol,” ujarnya.
Pekerjaan jaringan distribusi bantuan itu bakal kembali dilakukan usai Lebaran nanti. ”Pekerjaannya baru akan kami lanjutkan setelah Lebaran nanti. Apalagi akan ada tambahan jaringan di 500 titik,” imbuhnya. (han/ida)