Klaim Jasa Raharja Tembus Rp 14 Miliar

325

SEMARANG – PT Jasa Raharja Cabang Semarang mencatat, klaim asuransi kecelakaan yang telah dibayarkan selama periode Januari hingga Juni 2014 telah mencapai Rp 14 miliar. Jumlah tersebut untuk membayarkan kurang lebih 600 kasus kecelakaan, baik untuk korban perawatan medis, cacat tetap, maupun meninggal dunia.
Kepala Perwakilan Jasa Raharja Cabang Semarang, Muhammad Noor mengatakan, jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan klaim asuransi kecelakaan pada periode yang sama tahun lalu. Klaim asuransi kecelakaan paling banyak diberikan kepada korban kecelakaan di darat, yang melibatkan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, maupun kereta api.
“Paling besar klaim diberikan untuk pejalan kaki yang ditabrak oleh kendaraan penyebab kecelakaan. Ada sekitar 600 kasus secara global. Tapi secara umum jumlahnya turun dibandingkan tahun kemarin,” katanya, di sela-sela Sosialisasi Asuransi Bagi Korban Kecelakaan, di Stasiun Tawang Semarang, kemarin.
Ditambahkan, pihaknya memprediksi angka klaim kecelakaan asuransi akan mengalami peningkatan antara 150-200 persen pada masa arus mudik dan balik Lebaran tahun 2014 ini. Kondisi tersebut terjadi seiring peningkatan jumlah penumpang selama masa angkutan Lebaran. “Selama arus mudik ini kita prediksikan akan ada peningkatan sekitar 15-10 persen,” imbuhnya.
Menurutnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perlindungan asuransi Jasa Raharja, pihaknya melakukan sosialisasi dengan menempel sejumlah stiker di bandara, terminal, maupun stasiun kereta api. Hal ini sesuai dengan amanat Undang – Undang Nomor 33 tahun 1964, tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang. (aln/jpnn/smu)