Logistik Mulai Dikemas

298

TEMANGGUNG–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, mulai mengemas logistik yang akan digunakan pada pemilu presiden dan wakil presiden 2014. Pengemasan sendiri dilakukan oleh PPK sejak akhir pekan kemarin.
Komisioner KPU Temanggung Agus Istanto menyebutkan, logistik untuk kebutuhan pemilu presiden akan dibagi menjadi dua kotak. Untuk kotak pertama berisi, alat coblos, alas coblos (bantalan), tinta sidik jari, Alat tulis kantor (ATK), sampul dan formulir. “Untuk kotak kedua khusus untuk surat suara, sedangkan logistik lainnya semua di kotak yang pertama,” katanya.
Ia mengatakan, seting logistik ini dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), seting sendiri sudah dilakukan sejak Jumat (27/6) lalu. “Setiap hari minimal PPK dari tujuh kecamatan menyelesaikan seting logistik, terakhir  hanya untuk Kecamatan Temanggung saja, hari ini (Senin, Red) akan selesai,” terangnya.
Terkait dengan kekurangan surat suara sebanyak 2.704 lembar surat suara, pihaknya sudah mengajukan permintaan tambahan ke KPU pusat. Namun hingga Senin (30/6) KPU pusat belum mengirimkan sejumlah kekurangan tersebut.
Ia menuturkan, kekurangan surat suara ini tidak akan mempengaruhi proses seting logistik, sebab kekurangan sejumlah 2.704 lembar surat suara itu hanya akan dibebankan pada satu kecamatan saja yakni Kecamatan Temanggung.
“Untuk 19 kecamatan lainnya sudah selesai diseting, hanya tinggal Kecamatan Temanggung saja, sembari menunggu kekurangan surat suara itu proses seting terus berjalan. Harapan kami kekurangan surat suara itu segera dikirim,” katanya.
Lutfi Arifin komisioner KPU lainnya mengatakan setelah proses seting selesai segera didistribusikan ke seluruh kecamatan di wilayah Temanggung mulai tanggal 4 Juli sampai 5 Juli mendatang. Kemudian, PPK akan mendistribusikan logistik ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa pada tanggal 6 Juli– 7 Juli, namun sesuai dengan kesepakatan dari semua PPK maka distribusi akan dilakukan pada tanggal 7 Juli.
Sedangkan dari PPS ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau TPS, dengan dengan alasan keamanan, biasanya didistribusikan pada pagi sebelum pelaksanaan pencoblosan.
“Hampir sebagian besar di Temanggung seperti itu, ini karena alasan keamanan saja. Jika masih berada di satu tempat, pengawasan, keamanan bisa lebih terjamin, selain itu TPS-TPS yang ada sangat mudah dijangkau,”tandasnya. (zah/lis)