MAJT Siapkan 8 Kegiatan Berkualitas

297

SEMARANG – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menyiapkan agenda khusus selama bulan Ramadan. Setidaknya delapan acara besar akan digelar masjid terbesar di Jawa Tengah ini elama bulan suci.
Kepala Tata Usaha (TU) Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (BP MAJT) Fatquri Busri mengatakan, acara tersebut di antaranya salat Tarawih dengan pembacaan ayat suci Al-Quran satu juz satu malam, kajian ke-Islaman menjelang buka puasa dan usai salat Subuh, pengajian kitab kuning usai salat Dhuhur, kegiatan tadarus Al-Quran, tarkhiman, peringatan Isra Mi’raj, dan acara puncak pembagian zakat serta salat Idul Fitri. Sebelumnya, Jumat (27/6) lalu dilaksanakan perayaan dugderan menyambut datangnya bulan Ramadan. Acara tersebut dihadiri Wali Kota Semarang dan Gubernur Jawa Tengah.
“Memang dari segi kuantitas tidak begitu berubah dengan bulan Ramadan yang lalu. tetapi dari segi kualitas akan kami tingkatkan. Misalnya kenyamanan dan keamanan agar jamaah lebih khusuk dalam menjalankan ibadah,” bebernya.
Fatquri menambahkan, untuk destinasi wisata pihak pengelola masih mengandalkan menara al-Husna di samping Mushaf Akbar dan Bedug Ijo Mangunsari. Selain itu, disediakan juga penginapan untuk pengunjung yang datang dari tempat jauh. “Jika pada hari-hari biasa buka sampai malam, khusus Ramadan sampai sore saja. Untuk menghormati yang lagi ibadah,” imbuhnya.
Fatquri berharap apa yang dilakukan pihak pengelola dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaik-baiknya. Sehingga dalam menyambut bulan suci Ramadan kali ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Kami sediakan pelayanan kelas internasional,” ungkap pria yang mengakui jumlah jamaah tiap malamnya mencapai ribuan ini. (fai/smu)