Mau Bangun Kolam, Temukan Arca

299

SALATIGA—Sebuah arca ditemukan warga saat menggali kolam di Kecandran, Sidomukti, beberapa hari lalu. Diduga di sekitar lokasi masih terdapat beberapa benda yang diduga situs atau peninggalan bersejarah. Terlebih, adanya sejumlah bongkahan batu yang bercorak seperti bangunan candi di sekitar lokasi.
Muhadi, 57, warga Gedongan RT 002/RW 002 Kecandran Sidomukti menemukan sebuah arca setinggi 70 sentimeter dan lebar 36 sentimeter. Benda itu, diketemukan secara tidak sengaja saat menggali tanah untuk kolam lele di dalam rumahnya, Kamis (26/6) sore.
Muhadi menceritakan, kejadian penemuan benda tersebut berawal ketika pekerjanya, Sutrisno, 28, menggali tanah di dalam rumah. Saat galian mencapai kedalaman setengah meter, mata linggis tiba-tiba membentur sebongkah batu. Ketika diperiksa, batu tersebut berbentuk mirip Arca dengan tinggi 70 sentimeter dan lebar 36 sentimeter.
“Awalnya dikira batu besar, tetapi setelah diperhatikan ternyata seperti patung. Awalnya ditemukan sekitar pukul 11.00. Namun baru bias diangkat pada pukul 15.00,” terang dia.
Ia mengaku terkejut dengan penemuan benda mirip arca tersebut di dalam rumahnya. Bahkan, Muhadi meminta secara khusus kepada Sutrisno untuk terlebih dahulu mengutamakan pengangkatan benda tersebut daripada melebarkan galian untuk kolam.
“Sekarang benda tersebut saya simpan. Rencananya mau saya jadikan hiasan kolam di dalam rumah saya. Harapan saya, benda ini tetap menjadi milik saya pribadi, karena saya temukan di dalam rumah,” ungkap Muhadi.
Lebih jauh ia memperkirakan, di bawah bangunan rumahnya masih terdapat beberapa benda yang diduga situs. Hal ini terlihat dari adanya sejumlah bongkahan batu yang bercorak seperti bangunan candi di sekitar rumahnya. (sas/ida)