Motor Dinas Diperbarui

287

TEMANGGUNG–Pemerintah Kabupaten Temanggung mengalokasikan secara khusus anggaran untuk pengadaan sepeda motor dinas. Namun, tidak seluruh motor yang dimiliki diganti baru. Fokus penggantian dilakukan pada unit kendaraan bermotor yang sudah berusia di atas 10 tahun.
Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, mengatakan¬† kendaraan roda dua yang diperbaharui adalah unit kendaraan dinas operasional pemungut pajak. Sebanyak 16 unit motor baru akan dibeli untuk mengganti motor yang telah berusia di atas 10 tahun. “Untuk operasional pemungut pajak,” katanya.
Ia mengatakan, kegiatan pemungutan pajak sangat penting untuk kelancaran kegiatan pemungutan kas negara dari masyarakat. Untuk itu, keadaan motor yang sudah tidak memenuhi syarat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional, pihaknya berencana memperbaharui. “Di tahun ini kita beli, kita sudah siapkan anggaran,” jelasnya.
Dikatakan, terkait dengan kendaraan dinas sepeda motor lainnya yang telah cukup lama digunakan, pihaknya akan melakukan pembaharuan pada tahun-tahun mendatang. “Kita bertahap, tidak semuanya bisa langsung,” katanya.
Ia menjelaskan, selain motor yang diperbaharui, pemkab juga akan melakukan penggantian lift yang berada di kantor DPPKAD Temanggung. Lift yang sudah ada dinilai seringkali macet dan tidak dapat digunakan dengan baik. “Lift lama seringkali macet,” imbuhnya.
Untuk pengadaan lift tersebut, membutuhkan anggaran hingga Rp 600 juta.¬† Lift yang lama telah berumur 12 tahun dan sudah sesuai peruntukan. “Kita optimalkan untuk yang sudah tidak dapat difungsikan atau sudah tidak optimal lagi kita ganti. Seluruh sarana dan prasarana kita,” tandasnya.
Anggota Fraksi Demokrat DPRD Temanggung, Muh Taryono, mengatakan, seluruh anggaran yang telah ditetapkan dalam penetapan APBD, agar dapat dioptimalkan oleh Pemkab. Menurutnya, lembaga legislatif telah membahas perihal tersebut. “Optimalkan dan tentukan skala prioritas,” tandasnya. (zah/lis)